Khasanah, Fitri Nor (2024) Implementasi Media Diorama dalam Pembelajaran IPA Pada Materi Ekosistem di MI Nu Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (346kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (475kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (511kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (390kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (885kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (446kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1).Untuk mengetahui implementasi media diorama dalam pembelajaran IPA materi ekosistem di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi ekosistem di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan primer informan. Informan penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV dan siswa kelas IV MI Nu Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian kualitatif, peneliti menggunakan uji kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi. Triangulasi dalam pengujian kredibilitas diartikan sebagai pengecekan data, triangulasi yang digunakan oleh peneliti diantaranya Triangulasi Sumber, Triangulasi Teknik, dan Triangulasi Waktu. Analisis data dari penelitian ini disajikan serta dianalisis dengan menggunakan tiga langkah yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data), dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah media diorama sangat tepat jika di terapkan dalam pembelajaran IPA. Hal ini di buktikan dengan hasil observasi bahwa dari hasil pemaanfaatan media diorama dalam pembelajaran IPA materi ekosistem di MI NU Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus pada siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa mendapat nilai di atas KKM hanya 2 siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM karena mereka kurang aktif dalam pembelajaran. Media diorama adalah media pembelajaran tiga dimensi yang berhubungan dengan alam. Langkah-langkah dalam penerapan pembelajaran media diorama yaitu diawali dengan proses pembelajaran IPA materi ekosistem, kemudian siswa diarahkan guru untuk membuat kelompok belajar yang berjumlah 3 kelompok masing-masing kelompok berjumlah 5 siswa karena siswa kelas IV berjumlah 15 siswa, setelah kelompok terbentuk proses pembelajaran dilanjutkan dengan penyelidikan atau pengamatan kemudian masing-masing kelompok menunjuk salah satu siswa untuk mempresentasikan hasil pengamatan media diorama didepan kelas. Dari pembelajaran IPA menggunakan media diorama guru kelas IV di MI Nu Manba’ul Hidayah Tergo Dawe Kudus melakukan 3 inovasi dalam langkah-langkah pembelajaran menggunakan media diorama yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran, menyampaikan pembelajaran IPA pada materi ekosistem, menyampaikan kegiatan pembelajaran pada siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media diorama, Pembelajaan IPA, Ekosistem | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 01:59 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 01:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13776 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |