Ramadhani, Novenda Nuzul (2024) Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Mata Pelajaran IPS Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di MTs Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover.pdf Download (907kB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (87kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (329kB) |
![]() |
Text
5. Bab II.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
6. Bab III.pdf Download (399kB) |
![]() |
Text
7. Bab IV.pdf Download (430kB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (286kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran video animasi pada mata pelajaran IPS dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTs Negeri 1 Kudus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen adalah penelitian yang mencari hubungan sebab akibat antara variabel bebas dengan variabel terikat, dimana variabel bebas dikontrol dan dikendalikan untuk dapat menentukan pengaruh yang ditimbulkan pada variabel terikat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTs Negeri 1 Kudus yang berjumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah soal tes, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik (terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas), dan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney U-Test untuk soal tes dan uji regresi linear sederhana untuk kuesioner. Berdasarkan analisis data yang dilakukan oleh peneliti, penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 94,7 lebih unggul dari kelas kontrol dengan rata-rata nilai post-test 91,5. Terdapat perbedaan nilai post-test kelas eksperimen dengan kelas kontrol berdasarkan uji Mann Whitney U-Test yaitu dengan nilai signifikansi 0,018 lebih kecil dari ketentuan nilai signifikansi 0,05 yang artinya ada perbedaan signifikan. Berdasarkan hasil analisis data berupa uji analisis regresi linear sederhana terhadap kejenuhan belajar peserta didik, maka diperoleh nilai R Square (koefisien determinasi) yaitu sebesar 0,538. Hal ini berarti media pembelajaran video animasi mempengaruhi kejenuhan belajar peserta didik sebesar 53,8%. Dari kategorisasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan media video animasi terhadap kejenuhan belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang atau cukup baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran video animasi pada pelajaran IPS efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTs Negeri 1 Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Video Animasi, Kejenuhan Belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:13 | ||||||
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:13 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13780 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |