Pengaruh Media Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD 1 Colo

Zuliana, Nila (2024) Pengaruh Media Interaktif Berbasis Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD 1 Colo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (462kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (597kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (807kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (972kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (869kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (241kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti yang dilakukan pada peserta didik dikelas V SD 1 COLO, peneliti menemukan ketidakseriusan dalam belajar, kurang aktif dalam belajar, siswa sibuk dengan aktivitas masing-masing dan hanya sebagian kecil peserta didik benar-benar memperhatikan penjelasan guru. Pembelajaran yang dilakukan guru masih terbilang monoton tanpa menggunakan media yang lebih bervariasi, sehingga minat belajar pada mata pelajaran IPAS sangat rendah. Dalam strategi pembelajaran dengan minimnya media pembelajaran yang demikian mengakibatkan minimnya minat belajar, sehingga menarik peneliti untuk melakukan uji coba penggunaan media pembelajaran interaktif yaitu media Quizizz. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Adakah pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD 1 Colo terhadap kelas kontrol? 2. Adakah pengaruh minat belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD 1 Colo terhadap kelas eksperimen?. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan eksperimen. dengan bentuk Quasi Experimental Design dengan design penelitian Nonequivalent Pre-Test Post-Test Grup Control Design. Adapun cara pengumpulan data pada penelitian ini yaitu soal tes berupa soal pre-test dan post-test dan angket minat belajar, data angket akan dihitung menggunakan rumus. Data yang dianalisis dengan menggunakan SPSS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t Paired Sample T-Test dengan syarat hasil normalitas dan homogenitas bersifat normal dan homogen. Didapatkan hasil analisis didapatkan nilai signifikansi sig. (2-tailed) 0.001 ˂ 0,05. Dengan pengambilan keputusan, jika signifikansi ˂ 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan jika signifikansi ˃ 0,05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunanaan media interaktif berbasis aplikasi Quizizz terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas V di SD 1 Colo”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhoeroni, FaridUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif Quizizz, Minat Belajar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Feb 2025 07:57
Last Modified: 28 Feb 2025 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item