Rohmah, Ulvi Murtiya (2024) Peran Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini melalui Permainan Warna dengan Media Benang di RA Al-Hidayah Desa Sumur Cluwak Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (187kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (537kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (293kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasi peran guru dalam meningkatkan kreativitas seni anak usia dini melalui permainan warna dengan media benang di RA Al-Hidayah, serta untuk mengidentifikasi apa saja kendala-kendala yang terjadi dan solusinya dalam upaya meningkatkan kreativitas seni anak usia dini melalui permainan warna dengan media benang di RA Al-Hidayah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau yang biasa disebut dengan field research. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer meliputi data wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru RA Al-Hidayah, dan orang tua siswa, data observasi, dan data dokumentasi. Sedangkan data sekunder bersumber dari literatur dan buku yang relevan dengan topik yang dibahas dalam penelitian ini terutama yang berkaitan dengan peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui permainan warna dengan media benang di RA Al-Hidayah desa Sumur Cluwak Pati. Hasil dari penelitian ini yaitu 1). Peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di RA Al-Hidayah sangat penting dan memegang peranan lebih dari sekedar pengajar. Bila peran guru lebih meningkat maka lebih meningkat pula kualitas dan begitu juga sebaliknya. Seorang guru berhak menjadi pembina dalam mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas peserta didiknya. Adapun peran guru dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui permainan warna dengan media benang di RA Al-Hidayah menggunakan beberapa tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. 2). Kendala-kendala yang diidentifikasi meliputi peran keluarga, rasa emosional berlebihan pada anak, dan pengawasan guru yang terlalu ketat. Adapun solusinya yaitu Manajemen Waktu serta Sarana dan Prasarana
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Kreativitas Seni, Anak Usia Dini, Permainan Warna dan Media Benang | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 01:46 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 01:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |