Istiqomah, Siti (2024) Implementasi BMT Mobile dalam Meningkatkan Loyalitas Anggota pada Sektor UMKM (Studi Kasus KSU BMT As Salam Demak). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (617kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (717kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (374kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (409kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui implementasi BMT Mobile di KSU BMT As Salam Demak dalam mendukung kemudahan bertransaksi anggota sektor UMKM. (2) Mengetahui hambatan implementasi BMT Mobile di KSU BMT As Salam Demak dalam mendukung kemudahan bertransaksi anggota sektor UMKM. (3) Mengetahui solusi dari hambatan implementasi BMT Mobile di KSU BMT As Salam Demak dalam mendukung kemudahan bertransaksi anggota sektor UMKM. Jenis dan pendekatan pada penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan,pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif. Adapun sumber data yang diperoleh dari data primer yang diperoleh langsung dari informan yaitu sekretaris pengurus KSU BMT As Salam Demak, customer service KSU BMT As Salam Cabang Kramat, marketing KSU BMT As Salam Cabang Kramat, dan anggota KSU BMT As Salam. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Adapun analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Implementasi BMT Mobile di KSU BMT As Salam Demak dalam mendukung kemudahan bertransaksi anggota sektor UMKM untuk meningkatkan kenyamanan dan aksesibilitas layanan bagi anggota di sektor UMKM dengan mengimplementasikan pengembangan aplikasi BMT Mobile, pelatihan anggota, promosi aplikasi, penggunaan fitur inovatif dan penghargaan untuk loyalitas anggota. Aplikasi ini memungkinkan anggota untuk melakukan berbagai transaksi, seperti cek saldo, transfer, dan pembayaran tagihan. (2) Hambatan implementasi BMT Mobile di KSU BMT As Salam Demak dalam mendukung kemudahan bertransaksi anggota sektor UMKM yaitu akses teknologi yang terbatas, kurangnya literasi digital di kalangan anggota, kekhawatiran tentang keamanan dan privasi, serta biaya tambahan untuk menggunakan aplikasi mobile. (3) Solusi dari hambatan implementasi BMT Mobile di KSU BMT As Salam Demak dalam mendukung kemudahan bertransaksi anggota sektor UMKM dengan menawarkan pelatihan dan dukungan, mempromosikan manfaat aplikasi BMT Mobile, memastikan kualitas layanan, dan memberikan insentif untuk penggunaan aktif. Lembaga ini juga terus mengevaluasi kinerja aplikasi dan mengumpulkan umpan balik dari anggota untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan meningkatkan loyalitas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | BMT Mobile, Kemudahan Bertransaksi, dan UMKM | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Ekonomi, Perekonomian > Ekonomi Keuangan > Bank, Perbankan | ||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2025 01:58 | ||||||
Last Modified: | 04 Mar 2025 01:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13832 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |