Mahiroh, Marfu’atul (2024) Eksplorasi Etnomatematika Ukiran Macan Kurung Jepara Ditinjau dari Aspek Literasi Matematis. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (580kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (842kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (373kB) |
Abstract
Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa disebabkan oleh kurangnya pemberian motivasi kepada siswa untuk terlibat langsung dalam pembentukan dan pembuktian pengetahuan matematika mereka. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah etnomatematika. Selain sebagai sumber media pembelajaran, bisa juga digunakan sebagai sarana mengenalkan siswa serta menjaga kelestarian budaya lokal. Penelitian ini berfokus pada ukiran Macan Kurung Jepara yang merupakan ukiran khas Kabupaten Jepara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur matematika yang terdapat pada ukiran Macan Kurung Jepara, serta kaitannya dengan literasi matematis dan penerapannya pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi etnografi. Subjek penelitian ini adalah tiga narasumber yang masing-masing adalah Edukator Museum RA. Kartini Jepara, Pengrajin ukiran Macan Kurung Jepara, dan Guru Matematika salah di satu SMP di Jepara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen meliputi pengematan berperanserta dan manusia sebagai isntrumen penelitian. Adapun alat penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan. Sementara itu, untuk menguji keabsahan data, peneliti melalui tahap credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Langkah selanjutnya adalah analisis data, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ukiran Macan Kurung Jepara mempunyai unsur matematika yang terkandung dalam bentuknya. Adapun unsur matematika yang terkandung dalam ukiran Macan Kurung Jepara berupa konsep geometri meliputi geometri datar, geometri ruang, dan geometri transformasi. 2) Terdapat keterkaitan etnomatematika ukiran Macan Kurung Jepara dengan literasi matematis. Adapun keterkaitan etnomatematika ukiran Macan Kurung Jepara dengan literasi matematis, termuat pada indikator-indikator aspek literasi matematis berupa proses, konten, dan konteks. 3) Etnomatematika ukiran Macan Kurung Jepara juga dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Dalam hal ini etnomatematika ukiran Macan Kurung Jepara dapat digunakan sebagai media pembelajaran kontekstual, terutama pada penerapan pendekatan saintifik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, ukiran Macan Kurung Jepara, literasi matematis | ||||||
Subjects: | Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2025 04:59 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2025 04:59 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/13935 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |