Implementasi Program TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Peserta Didik di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus

Listiani, Eva (2024) Implementasi Program TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Peserta Didik di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (310kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (835kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (972kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (511kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (935kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (482kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi program TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada peserta didik di MTs Islmic Centre Ngembalrejo Bae Kudus. Peneliti tertarik mengambil tema ini karena maraknya fenomena rendahnya kemampuan literasi Al-Qur’an peserta didik yang diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti kecanduan gadget, belum tuntas belajar di TPQ, minat baca tulis Al-Qur’an rendah, dan kurangnya perhatian dan bimbingan orang tua. Salah satu cara yang dilakukan oleh MTs Islamic Centre dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik adalah dengan mengadakan program TPQ. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik yang mengikuti program TPQ di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus. 2) Mengetahui implementasi program TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada peserta didik di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi program TPQ di MTs Islamic Centre Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan teknik. Setelah semua data terkumpul, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan baca tulis Al-Qur’an peserta didik yang mengikuti program TPQ di MTs Islamic Centre berbeda-beda, sebagian besar sudah cukup baik, kemudian sebagian lainnya baik, dan hanya sebagian kecil yang kemampuannya kurang baik. 2) Terdapat tiga tahapan dalam implementasi program TPQ di MTs Islamic Centre, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan meliputi pembentukan pengurus, pembuatan jadwal, teknis pelaksanaan, dan pengelompokan peserta didik. Pelaksanaan program setiap hari Senin-Kamis pukul 12.30-13.30. Pembelajaran diawali dengan do’a bersama, kemudian peserta didik sorogan membaca satu persatu sambil yang lainnya menulis, dilanjut membaca surat-surat pendek dan bacaan sholat bersama-sama dan diakhiri do’a penutup. Evaluasi dilakukan melalui evaluasi harian, kenaikan jilid, hafalan surat pendek dan praktik ibadah, dan ujian resmi Yanbu’a. Evaluasi program menyeluruh dilakukan dengan rapat yang membahas kendala dan upaya mengatasinya serta mempertimbangkan kelayakan peserta didik untuk melanjutkan ke Madrasah Diniyah. 3) Faktor pendukung pelaksanaan program meliputi sarana prasarana yang memadai, guru yang berkompeten, dan kebebasan penggunaan teknik pembelajaran. Sedangkan penghambatnya adalah kurangnya semangat belajar peserta didik, kemampuan anak yang berbeda-beda, dan waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAfif, MuhamadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program TPQ, Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Mar 2025 07:12
Last Modified: 17 Mar 2025 07:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14037

Actions (login required)

View Item View Item