Habituasi Pendidikan Akhlak Melalui Sistem Fullday Di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus dan TK IT Al Qolam Undaan Kudus

Manasikana, Ikfi Arina (2024) Habituasi Pendidikan Akhlak Melalui Sistem Fullday Di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus dan TK IT Al Qolam Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (878kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (976kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (675kB)

Abstract

Berbagai masalah telah muncul dalam praktik pendidikan anak usia dini saat ini. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan biasanya bersifat akademis, yaitu pendekatan pembelajaran yang lebih menekankan pengembangan kemampuan siswa dalam menulis, membaca, dan berhitung. Pembelajaran tidak memperhatikan usia anak dan tingkat perkembangan mereka. Salah satu penyebab kecenderungan ini adalah pemahaman yang salah tentang pembelajaran awal pada anak usia dini. Jika pembiasaan dilakukan berulang kali, anak akan menjadi lebih spontan dan melakukannya sendiri. .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Habituasi pendidikan akhlak melalui sistem fullday antara dua sekolahan yaitu TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus dan TK IT Al Qolam Undaan Kudus apakah ada perbedaan antara kedua sekolahan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi komparatif dengan pendekatan penelitian kualitatif di jalan raya Besito Kudus Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus dan di desa Undaan Lor kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Subyek penelitiannya yaitu kepala sekolah, guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Adapun analisis data menggunakan teori dari Miles and Huberman yaitu dengan menggunakan tiga langkah diantaranya reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Implementasi habituasi pendidikan akhlak di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus dan TK IT Al Qolam Undaan Kudus dilakukan melalui berbagai strategi yang bertujuan untuk membentuk karakter dan moralitas siswa sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Evaluasi terus menerus dilakukan untuk memastikan efektivitas program dan kesesuaian dengan tujuan pendidikan akhlak yang diinginkan, sehingga menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan moral dan karakter siswa secara menyeluruh. (2) Perbedaan utama habituasi pendidikan akhlak melalui sistem fullday di TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus dan TK IT Al Qolam Undaan Kudus terletak pada penerapan program fullday-nya. TK Muslimat NU Nurul Islam Kudus tidak mewajibkan semua siswa mengikuti program fullday, yang berupa ekstrakurikuler membaca setelah jam pelajaran reguler, sementara TK IT Al Qolam Undaan Kudus mengharuskan semua siswa mengikuti program fullday dengan kegiatan yang lebih beragam dari pagi hingga sore, termasuk pembelajaran tema, kegiatan agama, dan program sore dengan guru khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkbar, Rofiq FaudyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak, Habituasi, Fullday
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Apr 2025 04:34
Last Modified: 24 Apr 2025 04:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item