Nafais, Bakhrun (2024) Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information Communication Tachnology) Berbantuan Aplikasi Quizizz untuk Mengembangkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di MTs NU Sabilul Muttaqin Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
![]() |
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
04 BAB I.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
05 BAB II.pdf Download (432kB) |
![]() |
Text
06 BAB III.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
07 BAB IV.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
08 BAB V.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) |
Abstract
Pada era kemajuan teknologi pada zaman sekarang pelaksanaan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPS di MTs NU Sabilul Muttaqin masih cenderung memakai metode konvensional berupa ceramah yang belum dikolaborasikan dengan kemajuan teknologi digital. Maka dari itu peserta didik menjadi kurang aktif didalam kelas sehingga suasana kelas menjadi kurang kondusif. Sehingga dibutuhkan sebuah inovasi dalam kegiatan belajar mengajar di MTs NU Sabilul Muttaqin. Penulisan skripsi ini bertujuan, 1) Mengetahui media pembelajaran berbasis ICT (Information Communication Tachnology) berbantuan aplikasi quizizz untuk mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs NU Sabilul Muttaqin 2) Mengetahui Faktor penghambat dan solusi dalam penggunaan aplikasi quizizz pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs NU Sabilul Muttaqin Desa Jepang Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian action research, disebut juga penelitian tindakan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primer pada penelitian ini didapat dari kepala sekolah, pendidik IPS dan juga peserta didik, sedangkan data sekunder didapat dari buku-buku, dan karya tulis ilmiah. Data tersebut dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan 1) Media pembelajaran berbasis ICT berbantuan aplikasi quizizz untuk mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik pada mata pelajaran kelas VIII mendapat tanggapan yang baik dari peserta didik, hal tersebut dapat dilihat dari pada pelaksanaannya, sehingga membuat peserta didik menjadi lebih ingin tahu terkait materi pembelajaran yang disampaikan, dan menjadikan peserta didik lebih aktif didalam kelas melalui pembelajaran yang inovatif dan kelas menjadi kondusif 2) Hambatan dalam Media pembelajaran berbasis ICT dengan bantuan aplikasi quizizz untuk mengembangkan rasa ingin tahu peserta didik pada mata pelajaran kelas VIII ditemukan antara lain, berasal dari pendidik IPS yang belum memanfaatkan kemajuan teknologi dalam belajar, kurangnya pemahaman peserta didik pada teknologi digital, dan sarana dan prasarana di sekolah yang kurang memadai. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu memberdayakan SDM pada diri peserta didik, pengadaan sarana dan prasarana, lebih memaksimalkan kemajuan teknologi untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan sebuah kontribusi serta bahan referensi bagi pelaksanaan kegiatan pembelajaran berbasis digitalisasi (ICT) untuk memudahkan pendidik IPS dalam pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Penelitian ini diharapkan bisa membantu peserta didik supaya bisa memahami materi pelajaran IPS secara komperhensif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Information Communication Tachnology, Pembelajaran IPS, Quizizz | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 02:20 | ||||||
Last Modified: | 21 May 2025 02:20 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14242 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |