Strategi Guru IPS dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin (P2RA) di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus

Wulandari, Aini (2024) Strategi Guru IPS dalam Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin (P2RA) di MTs Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (592kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (629kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (937kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (399kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (389kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru IPS dalam pelaksanaan P5 dan P2RA di MTs Tamrinut thullab, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dan tindaklajutnya. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, serta menggunakan strategi studi kasus dengan tipe deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan, untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Kemudian, untuk analisis datanya menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui 3 tahap, yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa di MTs Tamrinut Thullab sudah menerapkan Kurikulum Merdeka pada peserta didik kelas VII. Perencanaan, memiliki 6 tahapan perencanaan, yaitu: 1) diskusi guru, 2) pengambilan tema projek, 3) pengambilan alur pembelajaran projek, 4) pembuatan modul ajar, 5) perwujudan kegiatan projek, dan 6) pengadaan sarana dan prasarana. Pelaksanaan, memiliki 3 tahapan pelaksanaan, yaitu 1) Tahap Pendahuluan, pada tahap pendahuluan guru melakukan apersepsi terkait apai itu P5 dan P2RA, kemudian guru memberikan penjelasan tekait materi yang akan disampaikan dan menyampaikan tujuan pembelajaran. 2) Tahap Inti, peserta didik berkreasi menggunakan botol bekas. sebelum peserta didik berkreasi, terlebih dahulu guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdapat guru pendamping. Guru pendamping berdiskusi dengan peserta didik mengenai kegiatan yang akan dilakukan, yaitu membuat kerajianan tangan menggunakan botol bekas, dengan menghiasnya menjadi benda yang dapat memiliki nilai guna dan memiliki nilai keindahan. 3) Tahap Penutup, guru dan peserta didik melakukan refleksi bersama mengenai pengalaman belajar yang telah didapatkan dalam kegiatan projek yang telah berlangsung. Evaluasi dan Tindaklanjut, pada tahap evaluasi ini MTs Tamrinut Thullab masih menggunakan evaluasi yang berdasar pada penilaian sikap selama kegiatan Projek, kemampuan untuk bekerja sama/kekompakan antar peserta didik dalam satu tim, penilaian pengetahuan, serta hasil praktik dari kegiatan Projek untuk kemudian dijadikan rapot P5 di akhir semester nanti. Stategi Guru IPS, guru IPS memiliki beberapa strategi diantaranya 1) Tahap Perencanaan, mengikuti diskusi guru, andil dalam merumuskan tema yang akan digunakan, mengambil alur pembelajaran, membuat modul ajar, perwujudan kegiatan projek. 2) Tahap Pelaksanaan; Tahap pendahuluan, pada tahapan ini, guru IPS memiliki peran yaitu sebagai pembuka sebelum kegiatan projek berlangsung. Tahap Inti, guru IPS memiliki peran untuk mengawasi dalam kegiatan projek P5 dan P2RA. Tahap Penutup, guru IPS berperan untuk menutup projek yang telah dilaksanakan, serta memberi review dan kesimpulan dari hasil projek yang telah berlangsung. Tahap Evaluasi dan Tindaklanjut, pada tahap evaluasi ini guru IPS berperan sebagai evaluator akhir projek, evaluasi yang dilakukan oleh guru IPS masih berupa evaluasi lisan, bisa dari penilaian sikap selama kegiatan projek, kemampuan untuk bekerjasama/kekompakan atar peserta didik dalam satu tim, penilaian pengatahuan, serta hasil praktik dari kegiatan projek. Untuk tindak lanjut yang diberikan tadi akan dibuatkan rapot P5 dan P2RA di akhir semester mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFalaq, YusufUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamiin
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 May 2025 02:34
Last Modified: 21 May 2025 02:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item