Implementasi Metode Takhassus dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Membaca Kitab di Kelas VII MTs NU Miftahul Falah Dawe Cendono Dawe Kudus

Kamal, Ahmad Mushoffal (2024) Implementasi Metode Takhassus dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Membaca Kitab di Kelas VII MTs NU Miftahul Falah Dawe Cendono Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB)

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi karena adanya hambatan dalam melakukan pengajaran program takhassus menulis dan membaca kitab kuning seperti sikap anak yang pasif dan praktek serta pemahaman siswa yang kurang mampu menguraikan makna atau arti yang terkandung dalam bacaan kitab kuning. Sedangkan penelitian ini mempunyai tujuan untuk dapat mengetahui implementasi, hambatan serta solusi program takhassus dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab di kelas VII MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian 2 guru dan 8 siswa kelas VII MTs NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus serta data sekunder yang berupa buku-buku, jurnal yang mengandung informasi yang berkaitan. Wawancara, obeservasi serta dokumentasi menjadi teknil pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada beberapa penghambat diantaranya perlu kompetensi khusus guru dalam melakukan pengajaran program takhassus menulis dan membaca kitab kuning serta waktu yang dibutuhkan siswa relatif lama. Masalah lain yakni sikap anak yang pasif atau cenderung tidak mau memperhatikan dan praktek serta pemahaman siswa yang kurang mampu menguraikan makna atau arti yang terkandung dalam bacaan kitab kuning. Setelah data terkumpul dan dianalisis, dapat diketahui bahwa: pelajaran menulis pada program takhassus lebih fokus pada praktek dan siswa sudah memiliki kemampuan untuk menyalin ulang tulisan arab serta mengetahui struktur tulisan bahasa arab, siswa juga sudah dapat mengucapkan tulisan dengan jelas dan lancar, dan diperlukan kompetensi khusus guru dalam melakukan pengajaran program takhassus menulis dan membaca kepada siswa dengan waktu yang relatif lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFu'adah, LailyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Menulis, Membaca, Kitab kuning
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jun 2025 01:58
Last Modified: 12 Jun 2025 01:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14391

Actions (login required)

View Item View Item