Ni’mah, Rizqiya Afifatun (2024) Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Technological Pedogogical And Content Knowledge (TPACK) untuk Meningkatkan Minat Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SD N 2 Meteseh Kaliori Rembang Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (381kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (575kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (457kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pemahaman guru terhadap pendekatan TPACK di SD N 2 Meteseh, 2) implementasi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan TPACK dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV di SD N 2 Meteseh., dan 3) kendala yang dialami oleh guru di SD N 2 Meteseh dalam mengimplementasikan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan TPACK pada pembelajaran IPAS untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer didapatkan dari Wali Kelas IV SD N 2 Meteseh dan siswa kelas IV SD N 2 Meteseh. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan secara administratif maupun data dokumentatif sekolah. Perolehan data diperoleh melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi pada objek penelitian yaitu di SD N 2 Meteseh Kaliori Rembang. Kemudian, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil 1) guru di SD N 2 Meteseh Kaliori Rembang sudah memahami dan menerapkan pendekatan TPACK dalam pembelajaran serta sudah pada tingkat Adapting. 2) Implementasi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan TPACK untuk meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas IV di SD N 2 Meteseh Kaliori Rembang dimulai dengan perencanaan disesuaikan dengan modul ajar, bahan ajar, materi pembelajaran, model dan pendekatan serta tujuan pembelajaran. Pelaksanaan Implementasi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan TPACK terdapat tiga kegiatan, pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap ini siswa dibentuk kelompok serta berdiskusi dengan memanfaatkan media teknologi dalam menyampaikan materi. Tahap akhir evaluasi tentang penugasan LKPD online berupa liveworksheet dan tanya jawab terkait materi sebagai bentuk penegasan untuk mengetahui seberapa peningkatan siswa tersebut terhadap materi yang sudah disampaikan. Penggunaan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan TPACK menjadikan siswa menjadi lebih minat dalam menerima pembelajaran serta keingintauan yang tinggi sehingga menghasilkan hasil belajar yang bagus dan maksimal. 3) Kendala implementasi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan Technological Pedogogical And Content Knowledge (TPACK) untuk meningkatkan minat belajar IPAS siswa kelas IV Di SD N 2 Meteseh Kaliori Rembang tahun ajaran 2023/2024 antara lain waktu yang lama dalam persiapan mengajar, beberapa siswa yang masih kesusahan dalam penggunaan teknologi pembelajaran, sarana dan prasarana yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | PACK, pembelajaran kooperatif, minat belajar | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2025 03:53 | ||||||
Last Modified: | 12 Jun 2025 03:53 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |