Sazaly, Maulana Ikhsan (2024) Strategi Komunikasi Public Relation dalam Meningkatkan Minat Donatur di Yayasan Yatim Mandiri “Darul Qur’an” Desa Suwawal. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
02. ASBTRAK.pdf Download (325kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (314kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (359kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (541kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (556kB) |
Abstract
Yayasan Yatim Darul Qur’an Desa Suwawal merupakan salah satu lembaga sosial yang berperan penting dalam membantu anak-anak yatim piatu. Namun, pendanaan menjadi salah satu kendala utama dalam menjalankan program-programnya. maka dari itu kehadiran donatur sangat diharapkan untuk menunjang kebutuhan anak-anak yatim sehingga dapat merasakan kesempatan yang sama seperti anak-anak yang lain. Oleh karena itu, yayasan perlu menerapkan strategi komunikasi public relation yang efektif untuk meningkatkan minat donatur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana humas Yayasan Yatim Mandiri “Darul Qur’an” dalam menerapkan strategi komunikasi sebagai upaya meningkatkan minat donatur. Serta apa saja tantangan dan kendala humas dalam menarik minat donatur untuk Yyayasan Yatim Mandiri “Darul Qur’an” Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi public relation yang efektif dalam meningkatkan minat donatur di Yayasan Yatim Darul Quran Desa Suwawal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research) teknik yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah wawancara dan observasi partisipan, serta mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi yang diperlukan. Subjek penelitian adalah pengurus segaligus staf humas yayasan “Darul Qur’an” Desa Suwawal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi public relation yang efektif dalam meningkatkan minat donatur di Yayasan Yatim Darul Quran Desa Suwawal adalah dengan Menggunakan Press Agentry dengan memanfaatkan media surat kabar dan baliho sebagai media informasi, Public Information Model mamanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube dan juga website, serta Two Ways Symethric Model dengan membuat forum diskusi atau dialog, sebagai media dan upaya mengenalkan program-program yayasan. Proses pelaksanaan strategi komunikasi tersebut didukung oleh kejelasan tujuan dan target donatur, kredibilitas yayasan, kualitas konten dan pesan, juga penggunaan media komunikasi. Namun ada beberapa hambatan yang membuat strategi yang berjalan kurang efektif, seperti kesalahan dalam menentukan target donatur, kurangnya sumber daya manusia, finansial dan juga teknologi, kurangnya pemahaman mengenai penggunaan komunikasi public relation, dan juga adanya pesaing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Public Relation, Minat Donatur | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial > Komunikasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jun 2025 07:46 | ||||||
Last Modified: | 16 Jun 2025 07:46 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14409 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |