Penerapan Layana Bimbingan Pribadi Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus

Nisak, Nur Inayatin (2024) Penerapan Layana Bimbingan Pribadi Sosial Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (497kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (290kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstract

Ekstrakurikuler pramuka di MTs NU Ibtidaul Falah merupakan ekstrakurikuler yang wajib dan dikhususkan untuk peserta didik kelas VII, kegiatan ini penting dalam menunjang pengembangan kepribadian moral dan keterampilan sosial sehingga perlu juga adanya layanan bimbingan pribadi sosial didalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka tersebut agar dapat membentuk sifat pribadi dan sosial seorang peserta didik. Tujuan dalam penelitian yang dilakukan peneliti yaitu untuk mengetahui : (1) Penerapan layanan bimbingan pribadi sosial kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus, (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan layanan bimbingan pribadi sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yakni : observasi, wawancara (interview), serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji keabsahan data dalam bentuk uji kredibilitas dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi, triangulasi sumber, triangulasi teknik serta triangulasi waktu. Adapun informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, Koordinator Guru Bimbingan dan Konseling, Pembina Pramuka, serta Peserta Didik kelas VII. Selain itu, teknik analisis data melalui tiga tahapan antara lain reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling memberikan beberapa layanan bimbingan pribadi sosial kepada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka terutama pada kelas VII di MTs NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus diantaranya : layanan orientasi, bimbingan kelompok, dan konseling individu. Adapun faktor pendukung penerapan layanan bimbingan pribadi sosial melalui kegiatan ekstrakurikuler pramula yaitu : adanya dukungan dari beberapa pihak dan fasilitas yang memadai,. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi : kurang aktifnya siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan kurang mengamalkan bimbingan yang telah diberikan, kurangnya perhatian orang tua, terbatasnya jumlah guru BK, dan tidak adanya jam pelajaran khusus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Pribadi Sosial, Ekstrakurikuler Pramuka
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kegiatan Ekstrakurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:53
Last Modified: 16 Jun 2025 07:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item