Implementasi Media Film Animasi Riko the Series Perspektif MI Hidayatus Shibyan Kudus dalam Memahami Nilai-nilai Pendidikan Akidah Akhlak

Farida, Selamet (2024) Implementasi Media Film Animasi Riko the Series Perspektif MI Hidayatus Shibyan Kudus dalam Memahami Nilai-nilai Pendidikan Akidah Akhlak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (996kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (476kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk meninjau implementasi media film animasi Riko the Series perspektif MI Hidayatus Shibyan Kudus pada mata pelajaran akidah akhlak; (2) Untuk mengetahui keunikan film animasi Riko the Series sebagai media belajar akidah akhlak di MI Hidayatus Shibyan Kudus; (3) Untuk menganalisis pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak melalui tayangan film animasi Riko the Series perspektif MI Hidayatus Shibyan Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data diperoleh melalui penelitian lapangan (field research). Penelitian dilakukan di MI Hidayatus Shibyan Kudus dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling jenis purposive sampling. Subjek dari penelitian ini ada 7 informan, meliputi kepala madrasah, 1 guru PAI, dan 5 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas (uji credibility). Adapun teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data (data reduction), tahapan penyajian data (data display), kemudian tahapan penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing and verification). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi media film animasi Riko the Series perspektif MI Hidayatus Shibyan Kudus diawali dengan guru menyiapkan RPP agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tersusun. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru menyampaikan mata pelajaran akidah akhlak materi “Adab Bergaul terhadap Teman Sebaya dalam Kehidupan Sehari-hari” dengan berbantuan media film animasi Riko the Series. Pembelajaran ditutup dengan guru bersama peserta didik membuat kesimpulan dan evaluasi dari materi yang telah dipelajari; (2) Film animasi Riko the Series episode “Lebih Baik Memaafkan” memiliki keunikan, yaitu dalam satu episode mengandung beberapa nilai-nilai pendidikan akidah akhlak, meliputi: nilai saling tolong menolong, saling memaafkan, saling menyayangi, peduli terhadap sesama, dan meminta maaf. (3) Pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran akidah akhlak melalui tayangan film animasi Riko the Series dapat diketahui baik dari segi kognitif maupun afektif. Pada ranah kognitif, nilai rata-rata ulangan peserta didik mengalami peningkatan dari sebelum penggunaan media film animasi Riko the Series nilai rata-rata ulangan akidah akhlak kelas IV yaitu 81,11, sedangkan nilai rata-rata ulangan akidah akhlak kelas IV setelah penggunaan media film animasi Riko the Series sebesar 89,25.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRetnanto, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Film Animasi, MI, Pemahaman, Nilai-nilai Pendidikan, Akidah Akhlak
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Filsafat dan Teori Pendidikan > Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Jun 2025 08:05
Last Modified: 24 Jun 2025 08:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14480

Actions (login required)

View Item View Item