Salsabila, Fadhilah (2024) Pengembangan Modul Terintegrasi Socio-Scientific Issues Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Sistem Reproduksi Kelas XI MA NU Ibtidaul Falah. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. Abstrak.pdf Download (265kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (528kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (530kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (302kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (338kB) |
Abstract
Aspek yang berperan penting dalam kurikulum merdeka adalah adanya perangkat pembelajaran yang memuat alur tujuan serta capaian pembelajaran. Contoh perangkat pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendidik di kurikulum merdeka adalah modul ajar. Di kurikulum merdeka kemampuan siswa juga diharapkan semakin meningkat terutama dalam menganalisis dan mengaitkan permasalahan yang ada di sekitar dengan berorientasi pada teori sains dan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana desain modul terintegrasi Socio-Scientific Issues (SSI) dan tingkat kelayakan pada materi sistem reproduksi kelas XI SMA/MA. Pengembangan modul terintegrasi socio-scientific issues (SSI) menggunakan model pengembangan 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3 tahap saja (3D), yaitu Define (tahap analisis kebutuhan), Design (tahap perencanaan produk), dan Develop (tahap pengembangan produk) yang sudah disesuaikan dengan materi sistem reproduksi pada kurikulum merdeka. Kemudian dilakukan proses validasi kelayakan modul oleh para ahli. Ahli materi dan ahli media Institut Agama Islam Negeri Kudus yang menilai kelayakan pembuatan modul Socio-Scientific Issues (SSI) pada materi sistem reproduksi untuk siswa kelas XI setelah direvisi, menetapkan bahwa modul tersebut “sangat valid” untuk digunakan, dengan persentase ahli materi sebesar 87% dan persentase ahli media sebesar 91,67%. Sedangkan uji kelayakan pendidik memperoleh skor 71,25% dengan kategori “layak”. Kemudian untuk penilaian uji respon siswa dilakukan terhadap 30 orang siswa kelas XI MIPA 2 persentase skornya 76,92% masuk dalam kategori “layak”
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Kurikulum Merdeka, Socio-Scientific Issues, Sistem Reproduksi | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Modul Pembelajaran Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Astronomi |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 30 Jun 2025 03:49 | ||||||
Last Modified: | 30 Jun 2025 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14530 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |