Pengaruh Keterampilan Baca Tulis Alquran (BTA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Kelas IV Semester I di MI Hadiwijaya Kajen Pati

Agustina, Ayu (2024) Pengaruh Keterampilan Baca Tulis Alquran (BTA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Quran Hadits Kelas IV Semester I di MI Hadiwijaya Kajen Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (723kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (536kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (814kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (591kB)

Abstract

Baca Tulis Alquran (BTA) merupakan mata pelajaran mulok dengan tujuan agar siswa mampu membaca dan menulis huruf Arab, khususnya Alquran dan Hadits. Pembelajaran BTA dan Quran Hadits tidak dapat dipisahkan karena materinya yang saling berkaitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan baca tulis Alquran, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits, dan pengaruh keterampilan Baca Tulis Alquran (BTA) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Quran Hadits kelas IV di MI Hadiwijaya Kajen Pati. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV di MI Hadiwijaya Kajen Pati, dengan jumlah 21 peserta didik. Analisis hipotesis dalam penelitian ini menerapkan pearson correlation, uji F dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh nilai mean keterampilan Baca Tulis Alquran (BTA) sebesar 74,3 dan standar deviasinya 10,599, sedangkan nilai mean dari hasil belajar 75,29 dan standar deviasi sebesar 11,967. Hasil dari uji hipotesis moment product sebesar 0,822, itu artinya masuk kategori sangat kuat karena termasuk interval koefisien 0,80-1,000. Sedangkan hasil uji F mendapatkan nilai 39,444. Nilai R yang dihasilkan sebesar 0,822 dan koefisien determinasi ( R2 )sebesar 0,675. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh variabel bebas (keterampilan BTA) terhadap variabel terikat (hasil belajar) adalah 67,5% dan 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan Baca tulis Alquran (BTA) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Alquran Hadits kelas IV di MI Hadiwijaya Kajen Pati

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErzad, Azizah MaulinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BTA, Hasil Belajar Quran Hadits
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Jul 2025 06:53
Last Modified: 02 Jul 2025 06:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14550

Actions (login required)

View Item View Item