Octavia, Lois (2024) Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Sinema Edukasi Untuk Mengurangi Perilaku Bullying di MTs As Sidah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
04. BAB I.pdf Download (542kB) |
![]() |
Text
05. BAB II.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
06. BAB III.pdf Download (458kB) |
![]() |
Text
07. BAB IV.pdf Download (664kB) |
![]() |
Text
08. BAB V.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (530kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok melalui sinema edukasi untuk mengurangi perilaku bullying di MTs As Sidah Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menekankan analisis dalam data numerik dan kemudian dianalisis dengan metode statistik yang sesuai. Desain yang digunakan yaitu one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian menggunakan kelas VIII A dan B dengan jumlah peserta didik 48, sementara sampel yang digunakan 6 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan purposive sampling dengan memperhatikan peserta didik yang mendapatkan hasil skor nilai tinggi. Hasil penelitian diantaranya: Pemberian layanan konseling kelompok dengan durasi 45 menit. Menggunakan pendekatan behavioral yang telah di aplikasikan dalam kegiatan konseling kelompok, dimana tujuan dari pendekatan behavioral ini untuk mengubah perilaku yang tidak di inginkan menjadi perilaku yang di inginkan. kegiatan konseling kelompok dilakukan sebanyak 3 kali. Faktor yang menjadi pendorong terjadinya bullying, diantaranya adalah: Faktor teman sebaya faktor lingkungan sekolah dan faktor media sosial. Menurut hasil penelitian uji hipotesis (paired sample t-test) memperoleh nilai signifikansi 0,000. Hal ini dinyatakan bahwa 0,000 < 0,05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil output statistik berpasangan mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 84,67 dan nilai posttest sebesar 43,17 yang berarti bahwa nilai rata-rata posttest lebih rendah daripada pretest sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Berdasarkan pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok melalui sinema edukasi untuk meminimalisir perilaku bullying di MTs As Sidah Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Layanan Konseling Kelompok, Sinema Edukasi, Perilaku Bullying | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 02:57 | ||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 02:57 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14565 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |