Husnurrosyidah, Husnurrosyidah (2015) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI SYARIAH DAN KECERDASAN ADVERSITAS SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA EKONOMI SYARIAH STAIN KUDUS DAN UNISNU JEPARA). Masters thesis, STAIN Kudus.
Text
TESIS HUSNURROSYIDAH_opt.pdf Download (8MB) |
Abstract
Perkembangan akuntansi syariah dilatarbelakangi oleh pendirian bank maupun institusi syariah dan membutuhkan penyediaan dan pelaporan keuangan syariah. Sehingga perguruan tinggi menyiapkan lulusan profesional di bidang akuntansi syariah. Pengetahuan mahasiswa tentang akuntansi dasar pada jenjang pendidikan sebelumnya sangat berguna untuk memahami materi akuntansi syariah. Namun, mereka mendapatkan materi akuntansi konvensional yang berbeda dengan akuntansi syariah sehingga perlu penyesuaian untuk memahami akuntansi syariah. Perlu kebiasaan baru untuk mengubah pola pikir yang sudah terbentuk dari akuntansi konvensional ke akuntansi syariah. Maka perlu peningkatan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kecerdasan adversitas dalam pemahaman akuntansi syariah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner. Terdapat dua variabel independen dalam penelitian ini yaitu (X1) kecerdasan emosional, dan (X2) kecerdasan spiritual. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah pemahaman akuntansi syariah. Sedangkan variabel mediasi (Z) adalah kecerdasan adversitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa S1 yang masih aktif di jurusan ekonomi dan bisnis syariah STAIN Kudus dan UNISNU Jepara yang sudah memperoleh mata kuliah akuntansi syariah. Sejumlah 445 responden, sampel 211 responden, dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan emosional berpengaruh terhadap akuntansi syariah ditunjukkan bahwa koefisien direct effect KE terhadap PAS (jalur c) pada model (1) adalah sebesar 0,160 dan signifikan(<0,01); 2) kecerdasan spiritual berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi syariah; 3) kecerdasan adversitas berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan koefisien direct effect; 4) kecerdasan adversitas memediasi penuh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi syariah ditunjukkan koefisien direct effect dan indirect effect; 5) kecerdasan adversitas memediasi penuh kecerdasan spiritual terhadap pemahaman akuntansi syariah. ditunjukkan koefisien direct effect dan indirect effect.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional; kecerdasan spiritual; kecerdasan Adversitas; pemahaman akuntansi syariah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah (ES) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Jun 2017 03:13 |
Last Modified: | 18 Jun 2017 03:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1459 |
Actions (login required)
View Item |