PENGARUH GAYA MENGAJAR PERSONALISASI GURU TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 01 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Mustahiqur Rohman, Muhammad (2016) PENGARUH GAYA MENGAJAR PERSONALISASI GURU TERHADAP PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA MATAPELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 01 JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN kudus.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI ni bar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II .pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitianinibertujuan:(1) Untukmengetahuimengetahui gaya mengajar personalisasi guru MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2015/2016 (2)Untukmengetahui tingkat interaksi sosial siswa mata pelajaran akidah akhlak di MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2015/2016 (3) Untukmengetahui seberapa besar pengaruh gaya mengajar personalisasi guru terhadap peningkataninteraksi sosial siswa kelas XI pada mata pelajaran akidah akhlak di MAN 01 jepara tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian inia dalah penelitian lapangan (fieldresearch),pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI yang berjumlah 210 orang.Peneliti menggunakan teknik Random sampling Teknik ini memilih individu-individu secara acak sebagai anggota unit sampelSebanyak 131anak.Ujian alisis dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis statistic yaitu mengadakan perhitungan nilai angka dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan regres ilinier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)gaya mengajar personalisasi guru Aqidah Akhlak di MAN 01 Jepara memiliki nilai rata-rata 56,900. Hal ini menunjukkan bahwa gaya mengajar personalisasi guru Aqidah Akhlak termasuk dalam kategori baik, yaitu pada interval nilai 52-67. 2)tingkat interaksi sosial siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 01 Jepara memiliki nilai rata-rata 59,603 yang di bulatkan menjadi 60. Hal ini menunjukan bahwa tingkat interaksi sosial siswa tergolong dalam kategori baik, yaitu pada intervaal nilai 52-67. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya mengajar personalisasi terhadap tingkat interaksi sosial siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 01 Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Hal ini berdasarkan pada persamaan regresi Ŷ = 23,503+0,634X dah hasil nilai thitung lebih besar ttabel (12,202 > 1,670) sehingga menghasilkan koefisien determinasi sebesar 53,6% Selanjutnya berdasarkan data yang ada dalam Fhitung =148,878 setelah mengetahui hailnya diatas dari variabel gaya mengajar personalisasi guru dengan terhadap tingkat interaksi sosial siswa, diketahui hasilnya pada tabel Fdengan db=m sebesar 1 lawan N-m-1 sebesar 131-1-1= 129, ternyata harga F tabel 5%= 3,91 jadi, 148,878>3,91 berarti signifikan, maka Ho di tolak dan Ha di terima. Jadi, dapat disimpulkan terdapat pengaruh gaya mengajar personalisasi guru terhadap tingkat interaksi sosial siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 01 jepara tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gaya mengajar Personalisasi; Interaksi sosial
Subjects: 200 Agama
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial
300 Ilmu-Ilmu Sosial > Interaksi Sosial

300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 07:03
Last Modified: 03 Dec 2016 07:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item