Sulistyowati, Anik (2024) Analisis Kecerdasan Visual Spasial dan Letak Kesalahan Geometris Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran Outing Class Berpendekatan Matematika Realistik. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (616kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (504kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (778kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (811kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (746kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (487kB) |
![]() |
Text
9. DAPUS.pdf Download (539kB) |
Abstract
Pembelajaran matematika menjadi pelajaran yang sering ditakuti dan dianggap sulit oleh siswa. Banyak siswa yang merasa jenuh dan malas ketika diajar oleh guru. Terkhusus pada materi geometri yang sifatnya abstrak menyebabkan banyak siswa mengalami kesalahan ketika mengerjakan. Terjadinya kesalahan menjadi indikasi bahwa siswa belum paham akan materi yang diberikan. Selain mengidentifikasi letak kesalahan, untuk mendukung keberhasilan pembelajaran geometri siswa harus dibekali dengan kecerdasan visual spasial geometris. Dengan demikian, untuk mengetahui tingkat karakterikstik kecerdasan visual spasial siswa MTs, peneliti menggunakan pembelajaran outing class dengan berpendekatan matematika realistik. Pembelajaran ini memanfaatkan lingkungan sebagai tempat belajar serta masalah realistik sebagai bahan ajarnya. Uraian tersebut menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk 1) mengetahui tingkat karakteristik kecerdasan visual spasial siswa MTs dalam pembelajaran outing class berpendekatan matematika realistik; 2) mengetahui letak kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam pembelajaran outing class berpendekatan matematika realistik ditinjau dari kecerdasan visual spasialnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif berpendekatan deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat 3 tahap analisis data yang digunakan yakni mereduksi data, menyajikan data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dimana dari 27 siswa yang mengerjakan soal diambil 6 siswa untuk dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini. 2 siswa untuk mewakili kecerdasan visual spasial tingkat tinggi, 2 siswa untuk mewakili kecerdasan visual spasial tingkat sedang, 2 siswa untuk mewakili kecerdasan visual spasial tingkat rendah. Mereka semua merupakan siswa di MTs Nurul Qur`an Tegalwero kelas VII Sains. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) siswa dengan kategori tinggi telah mampu memenuhi 4 karakteristik kecerdasan visual spasial yakni pengkonsepan, pemecahan masalah, pengimajinasian, dan pencarian pola. Pada siswa dengan kategori sedang hanya mampu memenuhi 3 karakteristik kecerdasan visual spasial yakni pemecahan masalah, pencarian pola, dan pengkonsepan. Sedangkan pada siswa dengan kategori rendah tidak mampu memenuhi semua karakteristik kecerdasan visual spasial; 2) subjek tinggi cenderung tidak melakukan kesalahan baik dalam pengambilan fakta, konsep, prinsip, maupun operasi hitung. Pada subjek sedang cenderung banyak melakukan kesalahan pada bagian prinsip dan operasi hitung. Yang terakhir, pada subjek rendah cenderung melakukan semua jenis kesalahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Visual Spasial, Kesalahan Geometri, Outing Class, Matematika Realistik | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) Sains, Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 01:58 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 01:58 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14631 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |