Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Peserta Didik Underachiever di Program Olympiade di MA Abadiyah Pati

Maknun, Luk Luk Ul (2024) Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Peserta Didik Underachiever di Program Olympiade di MA Abadiyah Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (286kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (394kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (707kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (647kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (584kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (305kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimanakah upaya guru Bimbingan dan Koseling dalam mengatasi peserta didik underachiever pada program olympiade di MA Abadiyah Pati. 2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi peserta didik underachiever diprogram olympiade di MA Abadiyah Pati. Sesuai dengan tujuan penelitian, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan merupakan penelitian lapangan yang dilakukan di MA Abadiyah Kuryokalangan gabus Pati. Selama proses penelitian, dokumentasi, wawancara, dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan. Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data digunakan dalam analisis data menggunakan beberapa Teknik, seperti bahan referensi, ttingulasi, dan observasi. Bimbingan dan konseling dalam mengatasi peserta didik underachiever di MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati yaitu (1) Mengenali peserta didik yang mengalami masalah belajar, (2) Memahami karakteristik kesulitan belajarnya, (3) Menetapkan latar belakang kesulitan belajar, (4) Menetapkan usaha-usaha bantuan, (5) Pelaksaan bantuan, (6) Tindak lanjut. Adapun faktor yang melatarbelakangi peserta didik kelas X program olympiade di MA Abadiyah Kuryokalangan Pati mengalami underachiever yaitu menurunnya semangat belajar, kurangnya percaya diri atas kemampuannya, kurangnya dukungan dari orangtua dan lingkungan bermain yang kurang mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGhufron, M. NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: upaya guru BK, mengatasi peserta didik underachiever
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 31 Jul 2025 00:43
Last Modified: 31 Jul 2025 00:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14685

Actions (login required)

View Item View Item