Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Rajawali Juwana

Sholihah, Siti Hidayatus (2024) Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Rajawali Juwana. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (482kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (369kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (710kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (891kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (486kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (370kB)

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi menyebabkan terjadinya perubahan pada kurikulum pembelajaran di Sekolah Dasar dan perubahan yang terakhir yakni perubahan dari Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka Bealajar. Implementasi Kurikulum Merdeka ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan setelah adanya pandemi covid-19. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di kelas IV dan V SD Rajawali Juwana dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat yang memengaruhi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Rajawali Juwana. Penelitian ini penelitian field research dengan pendekatan kualitatif pada kelas IV dan V SD Rajawali Juwana. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sumber data primernya adalah kepala sekolah, Waka Kurikulum, guru kelas IV, guru kelas V, dan peserta didik kelas IV dan V serta sumber sekundernya berupa dokumentasi terkait profil tentang SD Rajawali Juwana, Silabus Pembelajaran, Modul Ajar, Capaian Pembelajaran, Tujuan Pembelajaran dan dan Alur Tujuan Pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Rajawali Juwana telah berlangsung selama 2 tahun pada tahun ajaran 2022/2023 pada kelas I dan kelas IV dan pada tahun ajaran 2023/2024 Kurikulum Merdeka diterapkan pada kelas I, II, IV, dan V. Dalam perencanaan pembelajaran dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka SD Rajawali berada pada tahap mahir, sedangkan dalam pelaksanaan dan asesmen pembelajaran SD Rajawali berada pada tahap siap, 2) Terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SD Rajawali Juwana, a) faktor pendukung yang memengaruhi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, antara lain: tersedianya Platform Merdeka Mengajar dari pemerintah untuk menambah pengetahuan guru terhadap Kurikulum Merdeka, perhatian dari Dinas Pendidikan Kecamatan Juwana, Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung, antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajara, dan SDM yang memenuhi syarat dalam penyelenggaraan kurikulum merdeka belajar b) faktor penghambat yang memengaruhi implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, antara lain: Kurangnya referensi mengenai bahan ajar, kurangnya pengetahuan guru terkait dengan pembelajaran berbasis ilmu teknologi, materi pembelajaran yang begitu banyak, perbedaan karakteristik peserta didik, implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang masih digabung dengan mata pelajaran lainnya. Adapun solusi dari kendala tersebut meliputi: pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dengan sebaik mungkin, mengadakan pre-test dan post-test untuk mengukur kemampuan peserta didik sehingga dapat menentukan model pembelajaran yang akan digunakan selanjutnya, serta peserta didik mengikuti program belajar di luar jam sekolah untuk menambah pemahaman terhadap materi yang disampaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErzad, Azizah MaulinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum, Kurikulum Merdeka Belajar, Sekolah Dasar
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Aug 2025 07:44
Last Modified: 04 Aug 2025 07:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item