Nofianto, Muhammad Ilham (2024) Pola Pengendalian Emosi Mentor Dalam Outbound Pada Anak Usia Dini Perspektif Tasawuf Akhlaqi (Studi Kasus Kampung Kuto Purwosari Kudus). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (391kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (75kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengendalian emosi mentor dalam outbound pada anak usia dini di Kampung Kuto Purwosari Kudus dan pengendalian emosi yang digunakan oleh mentor saat mengelola anak usia dini dalam kegiatan outbound di Kampung Kuto Purwosari Kudus, dengan fokus pada pendekatan Sufi Healing. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-fenomenologi, dimana peneliti menjelaskan pengalaman yang dialami individu dalam kehidupan. Lokasi penelitian di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Kudus, kabupaten kudus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta teknik analisis data dengan data reduction (reduksi data), data display (menyajikan data), dan verification (merumuskan simpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengendalian emosi mentor dalam kegiatan outbound mempengaruhi perilaku anak usia dini, dilihat dari perspektif tasawuf akhlaqi, dengan studi kasus di Kampung Kuto Purwosari, Kudus. Tasawuf akhlaqi, yang menekankan pada pembentukan akhlak yang baik melalui pengendalian diri dan emosi, menjadi kerangka teori yang digunakan untuk menganalisis data. 1. Pendekatan Tasawuf Akhlaqi dalam Pengendalian Emosi. Mentor outbound di Kampung Kuto Purwosari menerapkan prinsip-prinsip tasawuf akhlaqi dalam mendidik anak-anak. Mereka menekankan pentingnya sabar, tawakkal (berserah diri), dan ikhlas dalam setiap interaksi dengan anak-anak. Dimana pengendalian emosi dilakukan melalui introspeksi diri dan upaya untuk selalu menghadirkan Allah dalam setiap aktivitas, sehingga tindakan yang dilakukan oleh mentor selalu berlandaskan niat baik dan usaha untuk memperbaiki diri. 2. Dampak pada Perilaku Anak Usia Dini. Anak-anak yang mengikuti outbound dengan pendekatan tasawuf akhlaqi menunjukkan peningkatan dalam berbagai aspek perilaku. Mereka menjadi lebih tenang, mampu mengendalikan emosi lebih baik, serta menunjukkan peningkatan dalam sikap menolong dan kerjasama. Ada penurunan signifikan dalam perilaku agresif dan peningkatan dalam perilaku positif seperti saling menghargai dan berempati. Sehingga penerapan pola pengendalian emosi berbasis tasawuf akhlaqi oleh mentor dalam kegiatan outbound di Kampung Kuto Purwosari, Kudus, terbukti efektif dalam membentuk perilaku positif pada anak usia dini. Pendekatan yang mengedepankan kasih sayang. Dengan demikian, integrasi nilai-nilai tasawuf dalam pendidikan dan kegiatan sehari-hari dapat menjadi model yang bermanfaat untuk diterapkan dalam konteks pendidikan anak usia dini secara lebih luas
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian emosi, Sufi Healing, Mentor, Outbound, Kampung Kuto Purwosari Kudus | ||||||
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Tasawuf Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD |
||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2025 00:55 | ||||||
Last Modified: | 27 Aug 2025 00:55 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |