AMINATIN, AMALIA (2024) Pemanfaatan Media Sosial Dalam Membangun Pengetahuan Siswa Pada Era Digital Di MTs Sunan Kalijogo Pati. Undergraduate thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (289kB) |
![]() |
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
4. BAB I.pdf Download (777kB) |
![]() |
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
6. BAB III.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
7. BAB IV.pdf Download (613kB) |
![]() |
Text
8. BAB V.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apa saja media sosial yang digunakan pada pembelajaran digital di MTs Sunan Kalijogo Pati 2) Bagaimana bentuk pemanfaatan media sosial untuk membangun pengetahuan siswa di MTs Sunan Kalijogo Pati 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media sosial untuk membangun pengetahuan siswa di MTs Sunan Kalijogo Pati. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Objek penelitian saya di MTs sunan kalijogo Pati. Hasil Data yang diperoleh diolah berdasarkan data yang sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian dari penelitian ini diketahui bahwa bahwa 1) Media social yang digunakan adalah whattsap dan youtube dan teknologi yang digunakan meliputi ponsel, computer, laptop. 2) Dengan adanya teknologi menjadikan solusi dalam dunia pendidikan khususnya untuk penunjang pembelajaran, bentuk dari media social menjadikan guru dan siswa menjadi tidak ada batasan dalam menyampaikan informasi serta dapat menyelesaikan tugas dengan lebih cepat, mudah dan efisien. 3) Adapun faktor penghambat ada tiga poin yaitu aspek internal (siswa), aspek eksternal, kemajuan teknologi yang banyak disalah gunakan. Faktor yang menjadi pendukung dalam pemanfaatan media sosial di era digital sebagai pendidikan karakter di MTs Sunan Kalijogo Pati meliputi tersedianya sarana di madrasah dan kerjasama anatara guru dan wali siswa dalam pemantauan penggunaan media sosial. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam pemanfaatan media sosial di era digital sebagai pendidikan karakter di MTs Sunan Kalijogo Pati meliputi heterogen siswa tanpa pengendalian orangtua dan kemajuan teknologi yang disalahgunakan siswa. Pemanfaatan media sosial di era digital di MTs Sunan Kalijogo Pati sebagai bentuk membangun pengetahuan dengan literasi digital menjadi upaya pemenuhan pemanfaatan literasi digital dengan dunia serba teknologi sekarang ini serta menjadi tantangan bagi para Guru. Pengembangan pengetahuan siswa menjadi langkah awal terbentuknya dari lingkungan dan keluarga. Karena rasa ingin tau yang lebih maka diberi dorongan oleh keluarga dan sekolah untuk siswa nya melakukan literasi digital. Literasi digital dapat dilakukan dimana saja dengan alat komunikasi seperti handphone dan dibuatkan seperti e-book atau e- learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Pengetahuan Kognitif, Era Digital. | ||||||
Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
Date Deposited: | 10 Oct 2025 05:06 | ||||||
Last Modified: | 10 Oct 2025 05:21 | ||||||
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14843 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |