Anik, Nanik Muflihah (2024) Implementasi Suasana Religius Melalui Program Segregasi Kelas Berbasis Gender dalam Meningkatkan Sikap Keagamaan Siswa di SMP Tahfidz Duta Aswaja Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (176kB) |
|
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
04 BAB I.pdf Download (269kB) |
|
|
Text
05 BAB II.pdf Download (401kB) |
|
|
Text
06 BAB III.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (449kB) |
|
|
Text
08 BAB V.pdf Download (194kB) |
|
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (200kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Suasana Religius Melalui Program Segregasi Kelas Berbasis Gender dalam Meningkatkan Sikap Keagamaan Siswa di sekolah dan faktor pendukung juga faktor penghambatnya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan atau field research. Yang bersifat kulaitatif. Dengan mengumpulkan data menggunakan observasi di lapangan terkait tentang penerapan suasana religius melalui program segregasi kelas berbasis gender dalam meningkatkan sikap keagamaan ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut diuji dengan kredibilitas, transfermabilitas, reabilitas dan objektivitas kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan suasana religius melalui program segregasi kelas berbasis gender dalam meningkatkan sikap keagamaan siswa dengan cara penciptaan lingkungan sekolah yang religius, menerapkan kebijakan pemisahan kelas laki-laki dan perempuan dan meningkatkan sikap keagamaan melalui keteladanan, pembiasaan dan pengawasan yang membentuk siswa memiliki sikap tanggung jawab, peduli dan percaya diri. 2) faktor pendukung meliputi kurikulum berbasis nilai-nilai keagamaan, lingkungan belajar yang mendukung, peran guru dan tenaga pendidik, keterlibatan orang tua dan masyarakat kebijakan sekolah yang mendukung. Faktor penghambat meliputi resistensi dari siswa dan orang tua, keterbatasan fasilitas, kendala sumber daya manusia, kurangnya dukungan kebijakan, masalah sosial dan psikologis, dan perbedaan individu. 3) hasil penerapan suasana religius melalui program segregasi kelas berbasis gender dalam meningkatkan sikap keagamaan siswa ini dengan suasana sekolah yg religius siswa lebih terfasilitasi dalam pengamalan nilai agama dikehidupan sehari-hari, siswa lebih mengetahui batasan-batasan pergaulan yang diatur dalam agama sehingga dengan pembiasaan-pembiasan yang dilakukan disekolah dapat meningkatkan sikap keagamaannya
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
|||||||||
| Uncontrolled Keywords: | Suasana Religius, Segregasi Kelas, Sikap Keagamaan | |||||||||
| Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam > Pesantren Ilmu-Ilmu Sosial > Gender Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Aktivitas Pembelajaran |
|||||||||
| Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) | |||||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | |||||||||
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:45 | |||||||||
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:45 | |||||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
