Pengembangan Media Pop Up Book Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Life Science Kelautan Pada Anak Usia Dini di KBIT At Taqy Kandangmas

Sholikhah, Almar Atus (2024) Pengembangan Media Pop Up Book Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Life Science Kelautan Pada Anak Usia Dini di KBIT At Taqy Kandangmas. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (382kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (983kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09 DAFTAR PULSTAKA.pdf

Download (80kB)

Abstract

Penggulnaan media pembelajaran dalam mengenalkan life science kelaultan pada anak ulsia dini sangat penting untuk menunjang dalam penyampaian materi tentang life science, namun terdapat sekolah yang belum memiliki media pembelajaran yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana spesifikasi media pop up book interaktif untuk pengenalan life science kelautan pada anak usia dini di KBIT At Taqy Kandangmas, dan untuk mengetahui kelayakan media pop up book interaktif dalam pengenalan life science kelautan pada anak usia dini di KBIT At Taqy Kandangmas. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model ADDIE yang menggunakan lima tahap pengembangan yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari menunjukkan spesifikasi media pop up book interaktif sebagai berikut : (1) Media pop up book berbentuk buku dengan ukuran 31 cm x 25 cm (2) Memiliki 8 halaman (3) Media pop up book berbahan dasar kertas (4) Berisi tampilan gambar tiga dimensi (5) Berisi cerita tentang laut (6) Memiliki tampilan gambar dengan perpaduan warna yang sesuai dengan materi yang disajikan (7) Media pop up berisi materi tentang kehidupan bawah laut dan cara hewan dan tumbuhan laut beradapatasi. Media pop up book interaktif dinyatakan layak digunakan sebagai media untuk pengenalan life science pada anak usia dini di KBIT At Taqy. Hasil validasi dari ahli media dan ahli materi menunjukkan bahwa media pop up book interaktif layak digunakan. Hal ini diperkuat oleh hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 3,6 dan rentan skor X > 3.00 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak/Baik” dan validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 3,5 dan rentan skor X > 3.00 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak/Baik”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDzofir, MohammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pop Up Book, Life Science
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Pra Sekolah, PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Nov 2025 09:11
Last Modified: 10 Nov 2025 09:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item View Item