Maryam, Dewi (2024) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Melalui Hidden Curriculum Di Reguler Class MTs Darul Ulum Purwogondo. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
|
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (367kB) |
|
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) |
|
|
Text
4. BAB I.pdf Download (629kB) |
|
|
Text
5. BAB II.pdf Download (830kB) |
|
|
Text
6. BAB III.pdf Download (522kB) |
|
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
|
Text
9. BAB V.pdf Download (447kB) |
|
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (567kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hidden curriculum di regular class MTs Darul Ulum Purwogondo, mengetahui sikap religiusitas siswa regular class di MTs Darul Ulum Purwogondo, serta mengetahui peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk sikap religiusitas siswa regular class melalui hidden curriculum di MTs Darul Ulum purwogondo. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Ulum Desa Purwogondo, Kalinyamatan, Jepara pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini ialah peserta didik di kelas VIII MTs Darul Ulum Purwogondo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer meliputi observasi dan wawancara, sedangkan sumber data sekunder melalui dokumentasi dan data-data yang diperoleh dari buku maupun jurnal. Uji keabsahan data menggunakan Uji Triangulasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah: 1) Sikap religiusitas siswa sebelum adanya penerapan hidden curriculum di MTs Darul Ulum Purwogondo cenderung kurang bisa dikondisikan, namun sesudah adanya penerapan hidden curriculum di MTs Darul Ulum Purwogondo, biasanya terlihat setelah akhir semesteran diadakan penilaian ujian praktek. 2) Penanganan hidden curriculum melalui implementasi penanaman karakter pada siswa MTs Darul Ulum Purwogondo sehingga memaksimalkan fungsi kurikulum inti. Hidden curriculum mempunyai pengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap output dari proses belajar mengajar, serta 3) Peran guru PAI dalam membentuk sikap religiusitas siswa tentunya juga memiliki beberapa kendala seperti siswa yang belum bisa, malas menghafalkan, tidak segera melaksanakan perintah guru, semaunya saja, sehingga perlu penanganan khusus dalam hal tersebut. Hidden Curriculum secara langsung mempunyai pengaruh yang baik terhadap hasil dari proses belajar mengajar
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: |
|
||||||
| Uncontrolled Keywords: | Hidden Curriculum, Pendidikan Agama Islam, Religiusitas Sisw | ||||||
| Subjects: | Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA) |
||||||
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||
| Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus | ||||||
| Date Deposited: | 11 Nov 2025 08:30 | ||||||
| Last Modified: | 11 Nov 2025 08:30 | ||||||
| URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
