Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus

Ameliana, Yunita (2024) Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Perencanaan Karir Kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (919kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (492kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (517kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (800kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (760kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (413kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perubahan sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok terhadap perencanaan karir peserta didik kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus, (2) Untuk mengetahui perubahan sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving terhadap perencanaan karir peserta didik kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus, (3) Untuk dapat menunjukkan seberapa efektif layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok terhadap perencanaan karir peserta didik kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus yang berjumlah 48 peserta didik. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 24 peserta didik yaitu kelas XI A beranggotakan 12 peserta didik sebagai kelompok kontrol dengan diberikan teknik problem solving dan XI B beranggotakan 12 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan diberikan teknik diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok pada kelompok eksperimen dan untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik problem solving pada kelompok kontrol. Penelitian ini juga menggunakan uji Mann Whitney untuk melihat perbedaan perubahan dalam perencanaan karir dengan layanan bimbingan kelompok dan juga untuk melihat kefektifan menggunakan teknik diskusi kelompok atau menggunakan teknik problem solving. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat (1) Adanya perubahan perencanaan karir kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus setelah diberi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok dengan memperoleh nilai asymp. Sig. 0,002, (2) Adanya perubahan perencanaan karir kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus dengan memperoleh nilai asymp. Sig. 0,031, (3) Dalam penelitian ini menunjukkan efektifan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik diskusi kelompok daripada menggunakan teknik problem solving terhadap perencanaan karir kelas XI MA NU Raudlatut Tholibin Sidomulyo Jekulo Kudus dengan memperoleh nilai asymp. Sig. 0,029

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIsmanto, IsmantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Diskusi Kelompok, Teknik Problem Solving, Perencanaan Karir
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2025 07:57
Last Modified: 12 Nov 2025 07:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14918

Actions (login required)

View Item View Item