Strategi Guru dalam Pencegahan Bullying melalui Penguatan Ketrampilan Sosial dan Emosional Siswa MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Kabupaten Kudus

Adiba, Zaida Taqiyya (2024) Strategi Guru dalam Pencegahan Bullying melalui Penguatan Ketrampilan Sosial dan Emosional Siswa MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01.COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02.ABSTRAK.pdf

Download (529kB)
[img] Text
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
04.BAB I.pdf

Download (750kB)
[img] Text
05.BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
06.BAB III.pdf

Download (660kB)
[img] Text
07.BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08.BAB V.pdf

Download (431kB)
[img] Text
09.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bullying adalah sebuah isu yang tidak semestinya dipandang sebelah mata dan diremehkan, bahkan disangkal keberadaannya. Siswa yang menjadi korban bullying akan menghabiskan banyak energi untuk memikirkan cara bagaimana menghindari pelaku bullying sehingga mereka hanya memiliki sedikit energi untuk belajar. Begitu juga dengan pelaku bullying, mereka akan mengalami kesulitan dalam melakukan relasi sosial dan apabila perilaku ini terjadi hingga mereka dewasa tentu saja akan menimbulkan dampak negatif yang lebih luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kejadian bullying, dan strategi guru dalam upaya pencegahan bullying melalui penguatan ketrampilan sosial dan emosional siswa di MI NU Miftahul Huda 01 Desa Karangmalang Kabupaten Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terlibat langsung di lapangan untuk mengetahui kondisi riil di MI Miftahul Huda 01 Karangmalang Kudus. Subyek Penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 4 dan 6, wakil kepala bagian kurikulum, satpam, penjaga kantin serta 2 orang peserta didik. Data-data tentang strategi guru dalam pencegahan bullying melalui penguatan ketrampilan sosial dan emosional siswa MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Kabupaten Kudus dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi non pastisipan, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis maka memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) Perilaku bullying yang paling sering terjadi di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang Kudus adalah bullying verbal dan tingkat ringan, penyebabnya sebagian besar karena keluarga dan karakter anak; 2) Upaya pencegahan dan penanganan perilaku bullying di MI NU Miftahul Huda 01 Karangmalang dilakukan melalui strategi guru meningkatkan ketrampilan sosial emosional siswa yang komponennya meliputi empati, manajemen emosi, keyakinan, penyelesaian masalah sosial, dan pembentukan hubungan sosial, akan tetapi masih belum sepenuhnya diintegrasikan ke dalam kegiatan pendidikan di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManijo, ManijoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bullying, Strategi Pembelajaran, Ketrampilan Sosial dan Emosional
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Guru
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:31
Last Modified: 17 Nov 2025 04:31
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14937

Actions (login required)

View Item View Item