Pemanfaatan Situs Gapura Padureksan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Di MTs Nu Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus

Atsauri, Muchammad Sufyan (2024) Pemanfaatan Situs Gapura Padureksan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon Sebagai Sumber Belajar Sejarah Lokal Di MTs Nu Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (321kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (520kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Perkembangan zamana yang sudah modern ini memberikan dampat terhadap peserta didik berupa rasa kurang giat dan kurang tekun dalam belajar pelajaran IPS. Serta metode pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan nuku sebagai sumber informasi pembelajaran. Sehingga peserta didik masih kurang memahami dalam konteks sejarah lokal. Tujuan dari penelitina ini yaitu: pertama, untuk menjelaskan nilai nilai sejarah lokal yang terkandung pada gapura padureksan masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon. Kedua, untuk menjelaskan pemanfaatan gapura padureksan masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon sebagai sumber belajar sejarah lokal mata pelajaran IPS di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus. Ketiga, untuk mengidentifikasi hambatan dan solusi pada implementasi pembelajaran IPS berbasih sejarah lokal dalam menanamkan nilai-nilai kearifan lokal di MTs NU Miftahul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, yakni peneliti datang langsung ke lokasi penelitian di Desa Loram Kulon dan MTs NU Miftahul Ulum dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Seubjek penelitiannya adalah Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, guru pengampu mata pelajaran IPS, peserta didik kelas VII, Juru pelihara gapura padureksan, Kepala Desa Loram Kulon, dan tokoh masyarakat setempat. Adapun penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunakan teknik perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Kemudian data dianalisis dengan mimilih dan merangkum data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan agar penelitian menjadi sempurna kelengkapan datanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, bahwa nilai-nilai sejarah lokal yang terkandung pada gapura padureksan dapat membentuk karakter dan kepribadian pada peserta didik berupa sikap gotong toyong, toleransi, sikap sosial, sikap rasa syukur. Kedua, pemanfaatan situs gapura padureksan terhadap pembelajaran IPS dapat dilihat dari bentuk implementasi peserta didik terhadap sejarah lokal. Hal tersebut terdapat dalam materi interaksi sosial kelas VII semester 1 pada jenjang SMP/MTs. Ketiga, pelaksanaan pembelajaran IPS yang berbasis sejarah lokal pada situs gapura padureksan membutuhkan waktu yang lama dikarenakan peserta didik kurang memahami bahkan kurang mengetahui terkait sejarah lokal yang ada di daerah tempat tinggalnya. Sehingga perlu pengenalan secara terus menerus agar peserta didik dapat lebih mengenal dan mengetahui guna situ sejarah lokal tersebut dapat terlestari dengan baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRosyid, Moh.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gapura Padureksan Masjid Wali At-Taqwa Loram Kulon, pembelajaran IPS
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Geografi dan sejarah > Sejarah Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2025 01:51
Last Modified: 18 Nov 2025 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14943

Actions (login required)

View Item View Item