Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Siswa MA/SMA

Izzah, Laili Noor (2024) Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Pernapasan Manusia pada Siswa MA/SMA. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (737kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (856kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (781kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (785kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (561kB)

Abstract

Problem based learning berbasis proyek merupakan suatu model yang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran dengan inti masalah berdasarkan fakta sebagai pokok pembahasan. Sedangkan berpikir kritis adalah kemampuan untuk berpikir dengan runtut dan mendalam sehingga dapat memberikan solusi untuk setiap masalah berdasarkan fakta. Tujuan dari penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning (PBL) berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi sistem pernapasan manusia pada siswa MA/SMA. 2.untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia pada siswa MA/SMA 3.untuk mengetahui efektivitas problem based learning berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi sistem pernapasan manusia pada siswa MA/SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang dipakai adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MA NU Mu’allimat Kudus tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data diambil dari hasil observasi, tes, kuesioner dan wawancara. Hasil tes meningkat dibuktikan dengan nilai pretest sebesar 66.29 dengan kriteria sedang meningkat menjadi 80.48 dari hasil tes postest dengan kriteria tinggi. Hasil kuesioner diperoleh rata-rata 91% dengan kategori sangat baik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini terdapat perbedaan signifikan hasil kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan model pembelajaran yang digunakan problem based learning berbasis proyek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHayya, Adieba WardaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning Berbasis Proyek, Sistem Pernapasan Manusia
Subjects: Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran > Media Pembelajaran
Ilmu-Ilmu Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Nov 2025 08:39
Last Modified: 18 Nov 2025 08:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/14948

Actions (login required)

View Item View Item