Alimi, Nur (2017) PENERAPAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING DENGAN MEDIA AUDIO MUSIKALISASI MUROTTAL PADA MATERI MEMBACA AL-QUR’AN HADIST DI MTS NU MIFTAHUTTHOLIBIN MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Teknik Latihan Terbimbing Dengan Media Audio Musikalisasi Murottal Pada Materi Membaca Alqur’an Hadist Di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. pendekatan yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Studi kasus Di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berkaitan dengan penerapan, penggunaan dan peningkatan Teknik Latihan Terbimbing Dengan Media Audio Musikalisasi Murottal Pada Materi Membaca Alqur’an Hadist. Sumber data didapat dari data primer dan sekunder, yang mana data primer dari kepala sekolah, guru, staf dan siswa sedangkan dari data sekunder berupa dokumentasi diantaranya RPP, silabus. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi tak berstruktur, wawancara tak berstruktur dan dokumentasi di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018. Uji keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan, perpanjangan pengamatan, triangulasi,uji kebergantungan, uji kepastian. Dan pada tahap analisis data dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan teknik latihan terbimbing dengan media audio musikalisasi murrotal di MTs NU Miftahut Tholibin sudah lumayan dengan baik dengan teknik latihan terbimbing siswa lebih mudah dalam pembelajaran dan tidak jeneuh ketika menerima materi. Dalam pelaksanaan penerapan teknik latihan terbimbing keaktifan siswa lebih menonjol. Teknik latihan terbimbing ini sangat dibutuhkan siswa dalam belajar Al-Qur’an Hadits disamping iu siswa yang latar belakangnya ada yang dari sekolah dasar dan juga madrasah sangat perlu didampingi dalam belajar membaca Al-Qur’an Hadits. Peggunaaan media audio untuk menarik perhatian, memancing atau memberi stimulus agar siswa semangat dalam belajar membaca Al-Qur’an Hadits, sangat efektif sekali karena siswa antusias dan tidak gaduh didalam kelas. penerapkan teknik latihan tebimbing melalui media audio musikalisasi murrotal tersebut sangat membantu guru untuk menyampaikan materi pembelajaran supaya siswa dapat menangkap pelajaran dengan benar. Siswa kelas tujuh yang kebanyakan dari sekolah dasar juga bisa lancar membaca Al-Qur’an ini sangat menjadi unggulan dan kebanggaan di MTs NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik Latihan Terbimbing; Audio Musikalisasi; dan Murottal |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 02:52 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 02:53 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1674 |
Actions (login required)
View Item |