PENERAPAN METODE TAHFIDZ, KITABAH DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-JALIL LI’ULUMIL QUR’AN BRAKAS TIMUR DESA TERKESI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN

Ulum, Malichah Chikmatul (2017) PENERAPAN METODE TAHFIDZ, KITABAH DAN TAKRIR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-JALIL LI’ULUMIL QUR’AN BRAKAS TIMUR DESA TERKESI KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text (ImageMagick conversion from other to application/pdf)
FILE 1 COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode tahfidz, kitabah dan takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an juz 30 pada santri Pondok Pesantren Al-Jalil Li’Ulumil Qur’an. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an juz 30 pada santri dengan menggunakan metode tahfidz, kitabah dan takrir. Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tahfidz, kitabah dan takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an juz 30 pada santri Pondok Pesantren Al-Jalil Li’Ulumil Qur’an. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penelitian lapangan (field research), dengan tahapan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan trianggulasi. Semua data dianalisis dan disimpulkan. Setelah tercapai dalam tujuan penelitian ini, selanjutnya diharapkan sebuah solusi dan masukan mengenai pelaksanaan metode tahfidz, kitabah dan takrir dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an juz 30. Hasil dari penelitian penerapan metode tahfidz, kitabah dan takrir dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 pada santri pondok pesantren Al-Jalil Li’Ulumil Qur’an yaitu dalam menghafal pertama santri menghafalkan Al-Qur’an dengan menggunakan metode tahfidz, setelah menghafal kemudian mereproduksi hafalan Al-Qur’an kedalam bentuk tulisan (metode kitabah), dan setelah mereproduksi hafalan ke dalam bentuk tulisan, selanjutnya santri wajib mengulang hafalan Al-Qur’an (takrir) kembali sehingga menjadikan hafalan yang kuat tidak mudah lupa dan benar-benar melekat pada ingatan. Adapun faktor pendukung dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 dengan metode tahfidz, kitabah dan takrir yaitu terdapat dari luar dan dari dalam diri santri itu sendiri, dan faktor penghambatnya yaitu menghafal itu susah, ayat-ayat yang di hafal terkadang lupa lagi, banyaknya ayat yang serupa, gangguan-gangguan kejiwaan, lingkungan, dan banyaknya kesibukan. Dalam menghafal Al-Qur’an juz 30 di Pondok Pesantren Al-Jalil Li’Ulumil Qur’an sudah sangat baik dan efektif. Selain itu efektifitas menggunakan metode tahfidz, kitabah dan takrir di Pondok Pesantren Al-Jalil Li’Ulumil Qur’an sangatlah baik karena dalam menghafalkan Al-Qur’an juz 30 santri menghafalkan Al-Qur’an juz 30 sesuai dengan ilmu tajwid, makharijul huruf dan membacanya dengan tartil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Tahfidz; Kitabah; Takrir; pengasuh; santri.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Sep 2017 01:16
Last Modified: 27 Sep 2017 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item