PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER MUSYAFAHAH SENI BACA AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN FASHOHATUL KALAM MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYYAH (MTS) NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KUDUS TAHUN 2016-2017).

Saifuddin, Moh (2017) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKULIKULER MUSYAFAHAH SENI BACA AL-QUR’AN DALAM PENINGKATAN FASHOHATUL KALAM MEMBACA AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI MADRASAH TSANAWIYYAH (MTS) NU MIFTAHUL ULUM LORAM KULON KUDUS TAHUN 2016-2017). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (660kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (328kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kegiatan ekstrakulikuler musyafahah seni baca Al-Qur’an di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun 2017; (2) fashohatul kalam dalam membaca Al-Qur’an siswa MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun 2017; (3) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler musyafahah seni baca Al-Qur’an dalam peningkatan fashohatul kalam membaca Al-Qur’an di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun 2017. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif dari observasi, wawancara, dan dekumentasi dengan kepala madrasah, wakil kepala bagian kurikulum, tenaga pendidikan (guru) sebagai sumber primer yang dilakukan dengan metode narative deskriptif. Penelitian ini diperoleh hasil: (1) kegiatan ektrakurikuler musyafahah seni baca Al-Qur’an di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus tahun 2017 dikategorikan sangat efektif hal ini dibuktikan adanya siswa lebih fasih dalam membaca ayat suci Al-Qur’an dan siswa lebih mudah memahami bacaan ayat-ayat ghorib dalam Al-Qur’an dan siswa lebih fasih dalam mengucapkan ayat-ayat ghorib yang ada dalam Al-Qur’an; (2) Fasholatul kalam dalam membaca Al-Qur’an siswa MTs Miftahul Ulum Loram Kudus Tahun 2017 menurut peneliti di kategorikan mengalami ada peningkatan yang signifikan. Hal ini di buktikan adanya siswa fasih dalam membaca Al-Qur’an dan siswa lebih percaya diri dalam mengucapkan atau melafalkan ayat-ayat Al-qur’an dari yang dulu siswa ragu-ragu sekarang bisa percaya diri dalam mengucapkan kalimat Al-Qur’an, dan siswa lebih percaya diri dan lebih fasih di dalam membaca ayat-ayat ghorib yang ada di dalam Al-Qur’an; (3) Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler musyafahah seni baca al qur’an dalam peningkatan fashohatul kalam membaca Al-Qur’an di MTs NU Miftahul Ulum Loram Kudus tahun 2017 menurut peneliti dikategorikan sangat efektif hal ini di buktikan adanya siswa lebih fasih dalam membaca Al-Qur’an dan siswa lebih mudah memahami bacaan ayat-ayat ghorib dalam Al-Qur’an dan siswa lebih fasih dalam mengucapkan ayat-ayat ghorib yang ada dalam Al-Qur’an dan siswa lebih percaya diri dalam mengucapkan atau melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an yang dulu siswa ragu-ragu sekarang bias percaya diri dalam mengucapkan kalimat Al-Qur’an dan hal ini dibuktikan adanya target waktu sudah sesuai dengan apa yang di tentukan oleh pengelola yakni kepala MTs NU Miftahul Ulum Loram Kulon Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kegiatan Ekstrakulikuler Musyafahah; Baca Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Oct 2017 03:53
Last Modified: 03 Oct 2017 03:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1710

Actions (login required)

View Item View Item