ZULLIYANI, DEVY (2017) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI INTERFERENSI PROAKTIF DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROTATING REVIEW PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MATERI BACA TULIS AL-QUR’AN DI SMK NEGERI 1 KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1.COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (418kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (649kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (679kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (357kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (573kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (376kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (371kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Pelaksanaan pembelajaran Rotating Review Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMK Negeri 1 Kedung Jepara tahun pelajaran 2017/2018. (2) Interferensi Proaktif siswa dalam pembelajaran materi baca tulis al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X di SMK Negeri 1 Kedung Jepara tahun pelajaran 2017/2018. (3) Strategi guru dalam mengatasi Interferensi Proaktif dengan teknik pembelajaran Rotating Review pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) materi baca tulis Al-Qur’an kelas X di SMK Negeri 1 Kedung Jepara tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas antara lain, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah- langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran Rotating Review mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1 Kedung Jepara berjalan efektif. Pelaksanaan pembelajaran yang di lakukan guru melalui beberapa tahapan-tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian (2) Interferensi Proaktif yang di alami siswa di kategorikan berkurang dan lebih baik. Hal tersebut dapat di buktikan dengan banyaknya siswa yang sudah mampu mengucapkan makharijul huruf, mengenal tanda baca/syakal pada huruf, dan memahami ilmu tajwid. Tingkatan-tingkatan Interferensi Proaktif yang di alami siswa yaitu dalam menerima pelajaran ada siswa yang menerimanya agak lambat, ada juga yang sulit, dan ada siswa yang mudah dalam mengingat materi. (3) Strategi yang di gunakan guru dalam mengatasi Interferensi Proaktif adalah menggunakan teknik pembelajaran Rotating Review. Langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menerapkan teknik pembelajaran Rotating Review yaitu mengulang-ulang materi sebanyak 3-5 kali, selanjutnya siswa di suruh mengikuti bacaan yang di ucapkan oleh guru, kemudian siswa di minta satu persatu untuk mengikuti/mengulang bacaan guru dengan cara menutup buku dan mengulangnya perkalimat setelah itu baru secara keseluruhan. Dari hasil pelaksanaan teknik pembelajaran Rotating Review terdapat perubahan belajar siswa yang cukup signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Interferensi Proaktif; Teknik Pembelajaran Rotating Review |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 03:45 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 03:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |