ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SISWA DI RA RIYADLOTUT THALABAH SIDOREJO SEDAN REMBANG. SOCIO-CULTURAL ANALYSIS BASED LEARNING IN THE FORMATION OF CHARACTER STUDENTS IN RA RIYADLOTUTTHALABAHSIDOREJO SEDAN REMBANG.

Dzawinnuha, Mohammad (2016) ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS SOSIAL BUDAYA DALAM PEMBENTUKKAN KARAKTER SISWA DI RA RIYADLOTUT THALABAH SIDOREJO SEDAN REMBANG. SOCIO-CULTURAL ANALYSIS BASED LEARNING IN THE FORMATION OF CHARACTER STUDENTS IN RA RIYADLOTUTTHALABAHSIDOREJO SEDAN REMBANG. Masters thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang analisis pembelajaran berbasis sosial budaya dalam pembentukkan karakter siswa di RA Riyadlotut Thalabah Sidorejo Sedan Rembang di arahkan kepada konsep pembelajaran, proses pembelajaran dan dampak dalam pembelajaran berbasis sosial budaya dalam pembentukkan karakter siswa di RA Riyadlotut Thalabah Sidorejo Sedan Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan uji keabsahan data mengacu pada kredibiltas dengan cara pengamatan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, kecukupan referensi, member check, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas dengan cara membuat audit trail. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, dan display data, kemudian kesimpulan dan verifikasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa RA Riyadlotut Thalabah Sidorejo Sedan Rembang melakukan Pembelajaran Berbasis Sosial Budaya dalam Pembentukkan Karakter Siswa dengan menerapkan konsep yang meliputi konsep dan sistem berbasis sosial budaya yang mirip di pesantren yang menjadi konsep pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa, dengan memodifikasi materi dan bentuk pembelajarannya dengan dimasuki nilai-nilai di dalamnya serta setiap pengajar memberikan contoh, teladan atau kreatifitas yang lain dalam pembentukkan karakter siswa dengan tingkah laku pengajar sebagai cerminan yang akan dilakukan siswa. tidak hanya itu, bentuk kegiatan-kegiatan yang dilakukan siswa juga terdapat kandungan nilai tersendiri dalam penerapanya. Proses pembelajaran berlandaskan sosial budaya dalam pembentukan karakter siswa di RA Riyadlotut Thalabah Sidorejo Kecamatan Sedan berpedoman pada kemendiknas sebagai standart kegiatan pembelajaran sekolah dini dan kebutuhan yang ada pada pembelajaran yang dilaksanakan serta mereformasikan keterlibatan orang tua siswa dan kebiasaan hidup masyarakat sebagai teladan siswa dalam berperilaku dan bersikap sehari-hari. Adapun basis sosial budaya pesantren sebagai pembelajaran meliputi tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Dampak pengembangan pembelajaran berbasis sosial budaya dalam pembentukan karakter siswa di RA Riyadlotut Thalabah Sidorejo Kecamatan Sedan, Karakter yang dibentuk siswa tidak hanya pada sistem dan prinsip yang terlihat seperti menjalankan tugas yang diterapkan oleh pihak pengajar, akan tetapi nilai kegiatan berbentuk tugas hafalan yang banyak siswa masih merasa enjoy dan memperkuat dalam pembentukkan karakternya. Aturan-aturan yang ada di lingkungan keluarga dan masyarakat menjadi lebih kuat, sehingga kekuatan dalam pembentukkan karakter yang di bentuk di dalam diri siswa jelas dan karakter tersebut berimbas pada segala sesuatu yang dilakukan dirumah/keluarga, masyarakat dan sekolah. Research on the analysis of the socio-cultural-based learning in the character formation of students in RA RiyadlotutThalabahSidorejo Sedan Rembang. directed to the concept of learning, the learning process and the impact of the socio-cultural-based learning in the character formation of students in RA RiyadlotutThalabahSidorejo Sedan Rembang. This type of research is a field research (field research) with a phenomenological approach. The technique of collecting data through interviews, observation, documentation, and test the validity of the data referring to the credibility of the observation by observation extension, increase endurance, triangulation, the adequacy of reference, member check, transferability, dependability and confirmability by creating an audit trail. Analysis of data using the model of Miles and Huberman with steps of data collection, data reduction, and data display, and conclusion and verification. The findings of this study show that RA RiyadlotutThalabahSidorejo Sedan Rembang doing Based Learning Social Culture in the Formation of Character Students applying concepts include concepts and systems based on social-cultural resembling that at boarding school that became the concept of learning in shaping the character of students, by modifying the materials and forms of learning to enter the values in it, and each teacher give examples, exemplary or other creativity in the character formation of students with teacher's behavior as a reflection of who would do the students. not only that, the form of the activities of the student also has its own value content in applicability. The learning process is based on socio-cultural in character formation of students in RA RiyadlotutThalabahSidorejo District of Sedan guided by the Ministry of National Education as the standard of learning activities of school early and needs that exist in learning applied and reforming involvement parents and habits of life as exemplary students to behave and be a day -day. The socio-cultural base schools as learning covers the planning, organization, implementation and evaluation. Impact of development based learning socio-cultural in character formation of students in RA RiyadlotutThalabahSidorejo District of Sedan, character is formed not only students in the system and principles that looks like a duty imposed by a teacher, but the value of the activities form a task rote many students still feel enjoy and strengthen in the formation of character. The rules that exist in the family and society becomes stronger, so that the strength in the formation of character in the form within the students a clear and character of the impact on everything that is done at home/family, community and school.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Berbasis Sosial Buday; Pembentukkan karakter. Learning; Social-Based Culture; The Formation of the characters.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Dec 2016 03:01
Last Modified: 04 Dec 2016 03:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item