STRATEGI GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN OPTIMALISASI BUKU MENTORING TERHADAP PENGEMBANGAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK DI SMK N 1 BATEALIT TAHUN PELAJARAN 2016/2017

KHAFID, MOHAMMAD ABDUL (2017) STRATEGI GURU PAI DALAM MENGGUNAKAN OPTIMALISASI BUKU MENTORING TERHADAP PENGEMBANGAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK DI SMK N 1 BATEALIT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (917kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (576kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (575kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (573kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (201kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Banyak kalangan menilai bahwa kegagalan Pendidikan Agama Islam disebabkan oleh praktik pendidikan yang hanya memperhatikan aspek kognitif belaka dan mengabaikan aspek psikomotor. Yakni tekad untuk mengamalkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Akibatna terjadi kesenjangan antara pengetahuan dan praktik. Sehingga tidak dapat membentuk pribadi-pribadi Islami. Penelitian bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pengoptimalisasian penggunaan buku mentoring oleh guru PAI di SMK N 1 Batealit tahun pelajaran 2016/2017. 2) Mengetahui Pengembangaan psikomotor peserta didik yang di SMK N 1 Batealit tahun pelajaran 2016/2017. 3) Mengetahui strategi guru PAI dalam menggunakan optimalisasi buku mentoring terhadap pengembangan psikomotor peserta didik di SMK N 1 Batealit tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Data yang telah terkumpul melalui observasi lapangan yakni dengan mengamati peserta didik (mentee), dan guru (mentor) pada saat pelaksanaan kegiatan, wawancara dengan sumber data primer yakni guru mata pelajaran PAI (mentor), Kepala Sekolah, Wali murid dan peserta didik (mentee), serta data sekunder yakni dokumentasi yang mendukung, baik dari data sekolah, data siswa dana juga buku mentoring yang akan di analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengetahui penerapan strategi guru PAI dalam mengembangkan psikomotor peserta didik melalui optimalisasi buku mentoring di SMKN 1 batealit tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan pengoptimalisasian penggunaan buku mentoring oleh guru PAI di SMK N 1 Batealit tahun ajaran 2016/2017 berjalan cukup efektif. 2) Strategi guru PAI dalam mengembangankan psikomotor peserta didik yang di SMK N 1 Batealit tahun ajaran 2016/2017 adalah signifikan. 3) Strategi guru PAI dalam mengembangkan psikomotor peserta didik melalui optimalisasi buku mentoring di SMK N 1 Batealit tahun ajaran 2016/2017 adalah signifikan. Hal ini bisa di buktikan dengan kesimpulan rumusan masalah pertama dan kedua, serta nilai rata-rata peserta didik berada di atas KKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: strategi; Optimalisasi Buku Mentoring; Psikomotor
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 May 2018 01:36
Last Modified: 02 May 2018 01:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item View Item