PENGARUH TINGKAT KEBERAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RA MIFTAHUL ‘ULUM KARANGAMPEL KALIWUNGU KUDUS

Sa’idah, Sa’idah (2018) PENGARUH TINGKAT KEBERAGAMAAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI RA MIFTAHUL ‘ULUM KARANGAMPEL KALIWUNGU KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (871kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04 BAB I.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05 BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08 BAB V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat Keberagamaan orang tua di RA Miftahul ‘Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. 2) Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di RA Miftahul ‘Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh antara tingkat Keberagamaan orang tua dengan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di RA Miftahul ‘Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi terhadap instansi terkait di RA Miftahul ‘Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus Hasil penelitian menunjukan bahwa metode demonstrasi berwudlu di RA Miftahul ‘Ulum Karangampel Kaliwungu Kudus, meliputi: 1) Tingkat keberagamaan orang tua adalah terbilang mempunyai pengaruh yang amat baik karena hasil mean (rata-rata) angket tingkat keberagamaan orang tua menunjukkan nilai sebesar 47.52 dari 19 responden dan termasuk dalam interval (43 - 49) yang merupakan kategori “amat baik”. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam adalah terbilang mempunyai pengaruh yang aamt baik karena hasil mean (rata-rata) angket motivasi belajar Pendidikan Agama Islam menunjukkan nilai sebesar 31.58 dari 19 responden dan termasuk dalam interval (29 - 33) yang merupakan kategori “amat baik”. 3) Hasil analisis angka menggunakan korelasi Product Moment yang dimasukkan kedalam software SPSS 16.00 for windows sebesar 0.988, yang besarnya berkisar antara 0.80 – 1.00. Data di atas dikonsultasikan pada table “ r ” table (rt) dengan df = 17; maka pada taraf signifikansi 5% diperoleh rt sebesar = 0.468, sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh “ rt “ sebesar = 0.590. ternyata “rxy” atau “ ro “ (yang besarnya = 0.993) adalah lebih besar dari “ rt “, baik taraf signifikansi 5% maupun signifikansi 1%. Dengan demikian berarti ada pengaruh positif yang signifikansi antara varibel X (tingkat keberagamaan orang tua) dan variabel Y (motivasi belajar Pendidikan Agama Islam) di RA Miftahul ‘Ulum Karangampel Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Keberagamaan Orang Tua; Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Mar 2019 03:30
Last Modified: 22 Mar 2019 02:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2168

Actions (login required)

View Item View Item