PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MA NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018

USRIYAH, FARIDA (2018) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XII DI MA NU HASYIM ASY’ARI 2 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (732kB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (392kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (653kB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (576kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (608kB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)

Abstract

Kompetensi kepribadian guru adalah kemampuan personal yang mencerminkan kepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, berakhlak mulia dan berwibawa, dan dapat menjadi teladan bagi siswa. Sedangkan hasil belajar afektif adalah kemampuan anak yang diperoleh setelah melalui kegiatan belajar yang berhubungan dengan sikap dan nilai, yang mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui bagaimanakah kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus, (2) Mengetahui bagaimanakah hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus, (3) Mengetahui adanya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas XII di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului oleh semacam intervensi (campur tangan) dari pihak peneliti. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus yakni pada ruang lingkup kelas XII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua kelas XII jurusan IPA dan IPS, kemudian diambil sampel 55 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi kepribadian guru dalam kategori cukup yaitu sebesar 202,44 yang termasuk dalam interval (185-204). Hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus dalam kategori cukup yaitu sebesar 66,27 yang termasuk dalam interval (59-66). 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus, dengan persamaan regresi Ŷ = −9,667 + 0,375X. 3) Kompetensi kepribadian guru terdapat hubungan yang signifikan dengan hasil belajar afektif siswa sebesar 0,898 termasuk dalam kategori sedang. Kemudian pada koefisien determinasi diperoleh hasil sebesar 80,7%, artinya kompetensi kepribadian guru memberikan konstribusi sebesar 80,7% hasil belajar afektif siswa di MA NU Hasyim Asy’ari 02 Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Hasil Belajar Afektif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2019 03:42
Last Modified: 25 Mar 2019 03:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item