PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI SMPIT AL-ISLAM KUDUS

BADRIYAH, SITI NURUL (2018) PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM TERPADU DI SMPIT AL-ISLAM KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (762kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (451kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (342kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (562kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (309kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), guru waka kurikulum, Sarpras, komite sekolah dan siswa. Proses analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pendidikan Islam terpadu di SMPIT Al-Islam kudus merupakan seluruh komponen dalam pendidikan yang di internalisasikan berlandaskan nilai-nilai Islam. Hal tersebut diharapkan bisa mencetak karakter peserta didik mempunyai jiwa Islami secara sempurna atau kaffah. Keterpaduan ini meliputi beberapa aspek diantaranya yaitu akhlak/perilaku, ibadah, akademik, dan kemandirian. Aspek-aspek tersebut merupakan unsur penting dalam pendidikan Islam terpadu. Apabila aspek-aspek tersebut diinternalisasikan dengan baik, maka Penerapan pendidikan Islam terpadu dapat dilihat hasilnya secara nyata. Tujuan dan kurikulum pendidikan Islam terpadu di SMPIT Al-Islam kudus, diantaranya : pertama, tujuan pendidikan di SMPIT Al-Islam kudus sesuai dengan Visi dan Misi sekolah. Kedua, kurikulum pendidikan Islam terpadu di SMPIT Al-Islam kudus menggunakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dan kurikulum khas JSIT. 2) Faktor pendukung dan penghambat penerapan pendidikan Islam terpadu di SMPIT Al-Islam Kudus, di antaranya : pertama, faktor pendukung antara lain : SDM (Sumber Daya Manusia), Program-program, Sarpras (sarana dan Prasarana), Pelatihan guru secara rutin, Peningkatan ruhiyah guru secara rutin, Peran komite dan orang tua. Kedua, faktor penghambat, yaitu Adanya gadget, SDM (Sumber Daya Manusia) yang belum sepenuhnya memenuhi standar, Pelaksanaan program yang belum maksimal, Kurangnya guru tutor, dan Keluarga. Berdasakan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, dan semua pihak yang membutuhkan dilingkungan IAIN Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Terpadu
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 26 Mar 2019 07:45
Last Modified: 26 Mar 2019 07:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item