Hidayah, Fathul (2016) PENERAPAN TEKNIK PREDICT OBSERVE EXPLAINT DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NATIJATUL ISLAM SUMBEREJO JAKEN PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (818kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
4.DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (347kB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (380kB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (175kB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (425kB) |
|
Text
9.BAB V.pdf Download (93kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (102kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Penerapan teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts. Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati; 2) Faktor yang mendukung dan menghambat teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts. Natijatul Islam Sumberejo Jaken Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field reseach dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi wawancara kepada kepala Madrasah, waka kurikulum, Guru Akidah Akhlak, siswa kelas VIII, dan data sekunder yang berasal dari buku maupun informasi lain yang relevan dengan penelitian ini. Serta observasi lokasi penelitian dan kegiatan belajar mengajar di kelas VIII. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Penerapan teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts Natijatul Islam Sumberejo Jaken Patiberdasarkan hasil penelitian adalah Siswa mampu memecahkan suatu masalah dalam kegiatan diskusi. Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan, dan siswa aktif serta mampu menyampaikan hasil diskusi di depan kelas. Teknik Predict Observe Explaint dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan analisis dilakukan hanya untuk materi tertentu, dan agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan ketika belajar. Pembelajaran ini tidak hanya menggunakan teknik pembelajaran predict observe explaint saja tetapi dikombinasikan dengan metode pembelajaran lain yaitu: ceramah, diskusi, demontrasi, problem solving, resitasi, tanya jawab, dan lain-lain. 2) Berdasarkan faktor yang mendukung (faktor internal) yaitu komunikasi siswa yang cukup tinggi dengan guru dalam membangun pengetahuan baru, antusias siswa terhadap pelajaran dengan menjaga perhatian karena mempersiapkan jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan didukung oleh fasilitas dari Madrasah yang lengkap dan memadai. Sedangkan faktor yang menghambatnya (faktor eksternal) yaitu dipengaruhi oleh waktu dan kondisi siswa yang mengganggu temannya ketika pelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik; PredictObserveExplaint; Kemampuan Berfikir Kriti;, Analisis; Akidah Akhlak. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Dec 2016 07:37 |
Last Modified: | 04 Dec 2016 07:37 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/225 |
Actions (login required)
View Item |