KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER

AABIDAH, MAESAROH (2018) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (726kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (6MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (374kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan yang pertama, untuk mengetahui Konsep pendidikan Islam terhadap anak menurut Abdullah Nashih Ulwan. Kedua, untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan Islam terhadap anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam pendidikan karakter Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode dokumentasi dari beberapa literatur. Sumber data primer yang di gunakan adalah buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya abdullah Nashih Ulwan. Setelah data terkumpul, selanjutnya data di analisis dengan menggunakan tehnik analisi isi (Content analysis) untuk mengetahui isi pesan dari sudut pandang pemikiran Abdullah Nashih ulwan. Kemudian dilakukan metode interpretasi data untuk mengetahui relevansinya dengan pendidikan karakter sehingga sesuai dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1.) Konsep pendidikan Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan meliputi: pertama, tanggung jawab seorang pendidik yaitu: tanggung jawab pendidikan iman bagi anak, tanggung Jawab Pendidikan Moral Bagi Anak, Tanggung Jawab Pendidikan Fisik Bagi Anak, tanggung jawab pendidikan akal bagi anak, tanggung jawab pendidikan kejiwaan bagi anak, tanggung jawab pendidikan sosial bagi anak, dan tanggung jawab pendidikan seksual bagi anak. Kedua, sarana dan metode pendidikan yaitu: mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian atau pengawasan, dan mendidik dengan hukuman. 2.) Relevansi pendidikan Islam terhadap anak menurut Abdullah Nashih Ulwan dengan pendidikan karakter dibagi menjadi 2, yaitu dari segi isi dan caranya. Adapun dari segi isinya, secara keseluruhan isi dari konsep pendidikan Abdullah Nashih Ulwan sejalan dengan 18 nilai-nilai pendidikan karakter yang ada dalam Peraturan Presiden nomer 87 tahun 2017. Namun, dalam pendidikan karakter yang ada di Indonesia lebih bernilai kebangsaan, sedangkan aspek-aspek pendidikan karakter yang diuraikan oleh Nashih Ulwan lebih mengarah pada nilai-nilai Islam. Sedangkan berdasarkan caranya, sarana dan metode pendidikan menurut Abdullah Nashih Ulwan yang relevan dan sangat berpengaruh dalam pembentukan anak, di antaranya yaitu: mendidik dengan keteladanan, mendidik dengan kebiasaan, mendidik dengan nasihat, mendidik dengan perhatian atau pengawasan, dan metode yang kurang relevan yaitu mendidik dengan hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam terhadap anak; pendidikan karakter
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Mar 2019 06:27
Last Modified: 29 Mar 2019 06:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2317

Actions (login required)

View Item View Item