Sari, Putri Pungkas (2018) PENERAPAN METODE TIKRAR DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT SANTRI HAFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL MUTA’ALLIMAT KALIGUNTING 115 KAJEKSAN KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (628kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (632kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (512kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (755kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (389kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (670kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (343kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (275kB) |
Abstract
Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mendiskripsikan penerapan metode Tikrar dalam meningkatkan daya ingat santri hafidz Al-Qur’an. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode tikrar dalam meningkatkan daya ingat santri hafidz Al-Qur’an. (3) Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas menghafal dengan menggunakan metode tikrar dalam meningkatkan daya ingat santri hagidz Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekat kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimat Kaligunting 115 Kajeksan Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode Tikrar dalam meningkatkan daya ingat santri Hafidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimat Kaligunting Kajeksan Kudus bertujuan untuk menjadikan santri penghafal Al-Qur’an bisa sepenuhnya memegang dan menjaga hafalan dan eksistensi Al-Qur’an. (2) Faktor dukungan dan faktor hambatan pada penerapan metode Tikrar dalam meningkatkab daya ingat santri Hafidz Al-Qur’an di pondok pesantren Roudlotul Muta’allimat Kaligunting Kajeksan Kudus adalah adanya dukungan dan dorongan semangat dari pihak keluarga, saudara, dan sahabat. Serta mampu memotivasi diri sendiri dalam menghafal dan mentikrar hafalan. Hambatannya adalah selalu ada rasa malas yang tumbuh dari dalam diri, lupa ayat-ayat yang baru saja disetorkan, kondisi lingkungan yang menjadikan tidak konsentrasi dalam menghafal, baik lingkungan intern maupun ekstern. Solusi-solusi yang dilakukan dalam mengatasi faktor hambatan tersebut adalah mengistiqamahkan hafalan diwaktu-waktu yang tepat, mentikrar hafala setiap hari, harus pintar membagi waktu untuk menghafal, sekolah ataupun hanya berkumpul dengan teman, serta mencari tempat yang nyaman untuk menghafal ataupun untuk mentikrar hafalan. (3) Efektivitas hafalan santri program tahfidz di pondok pesantren Roudlotul Muta’allimat dengan menerapkan metode Tikrar dalam kesehariannya telah berhasil mencetak para penghafal Al-Qur’an dan sesuai target yang diinginkan. Adapun molor, itu sudah biasa dan sudah sewajarnya. Yang tidak wajar adalah berhenti menghafal ditengah jalan karena keputus asaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tikrar; Daya Ingat; Hafidz Al-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 01:58 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 01:58 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2408 |
Actions (login required)
View Item |