NISA’, NUR AFNI AFIFATUN (2018) PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK PADA SISWA KELOMPOK B TK MAFATIHUL ULUM SUNGGINGAN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 HALAMAN JUDUL DAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (685kB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (439kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (408kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (577kB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (380kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (443kB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (269kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media cerita bergambar pada siswa kelompok B TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan media cerita bergambar islami dalam meningkatkan keterampilan berbahasa pada siswa kelompok B TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019., faktor pendukung dan penghambat penggunaan media cerita bergambar islami dalam meningkatkan keterampilan bebahasa pada siswa kelompok B TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Disini peneliti mengambil lokasi di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan melalui uji uji kredibilitas, uji tranferability, uji dependability, uji konfirmability. Sedangkan teknik analisis data dilakuan dengan menggunaan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, yang berguna untuk lebih fokus pada penggnaan media cerita bergambar islami dalam meningkatkan kemampa berbahasa anak di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan media cerita bergambar islami dilaksanakan pada kegiatan pembuka, dengan cara guru menyeritakan cerita islami melalui media cerita bergambar, bercakap-cakap, mengajukan pertanyaan, dan mengajak anak aktif dalam becerita islami. (2) Kemampuan berbahasa di TK Mafatihul Ulum Sunggingan Kudus sudah bagus, karena di TK Mafatihul Ulum sangat menekankan kemampuan berbahasa pada anak. Tingkat keberhasilan anak dalam pembelajaran menggunakan media cerita bergambar islami dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak adalah 76 %. Anak bisa menangkap pesan yang terkandung dalam isi cerita. (3) Faktor yang mendukung penggunaan media cerita bergambar islami dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak yaitu adanya kesiapan guru dalam menyampaikan materi, profesionalisme, media cerrita bergambar islami mudah diterima anak. Faktor yang menjadi penghambat penggunaan media cerita bergambar islami adalah guru kurang matang dalam menyiapkan perangkat pembelajaran, sarana dan prasaranya yang kurang memadai, siswa yang mempunyai latar belakang yang sangat beragam baik tingkat kecerdasan juga latar belakang sosial ekonomi yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Cerita Bergambar Islami; Kemampuan Berbahasa Anak |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Apr 2019 02:42 |
Last Modified: | 30 Apr 2019 02:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2455 |
Actions (login required)
View Item |