PENGARUH PERSEPSI KOMPETENSI PERSONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI MTS ROUDLOTUL MA’ARIF JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016

Listiana, Mimin (2016) PENGARUH PERSEPSI KOMPETENSI PERSONAL DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DI MTS ROUDLOTUL MA’ARIF JUWANA PATI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
01 cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 abstrak.pdf

Download (380kB)
[img] Text
03 daftar isi.pdf

Download (390kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (635kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (481kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
09 Daftar Pustaka.pdf

Download (389kB)

Abstract

Pengaruh Persepsi Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Kudus: Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). STAIN Kudus. 2016 Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui Persepsi Kompetensi Personal Guru di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. (2) Untuk mengetahui Persepsi Kompetensi Sosial Guru di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. (3) Untuk mengetahui Kecerdasan Interpersonal Siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. (4) Untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kompetensi Personal Guru terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. (5) Untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kompetensi Sosial Guru terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. (6) Untuk mengetahui Pengaruh Persepsi Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial Guru terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field researh). Dan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode angket yang disebarkan pada responden sebanyak 48 siswa. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan teknik simple random sampling atau secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Persepsi Kompetensi Personal Guru di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati adalah tergolong baik, karena memiliki nilai rata-rata sebesar 60,50 yang termasuk dalam interval 60-64. (2) Persepsi Kompetensi Sosial Guru di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati adalah tergolong baik, karena memiliki nilai rata-rata sebesar 77,08 yang termasuk dalam interval 76-82. (3) Kecerdasan Interpersonal Siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati adalah tergolong baik, karena memiliki nilai rata-rata sebesar 69,44 yang termasuk dalam interval 69-74. (4) Dari hasil uji hipotesis antara pengaruh Persepsi Kompetensi Personal Guru tehadap kecerdasan interpersonal siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati terdapat pengaruh. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai rx1y sebesar 0,832 yang lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0,368 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0,284, sehingga ini benar-benar ada pengaruh. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 69,2%. Hal ini berarti besarnya kecerdasan interpersonal siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati ditentukan oleh kuatnya persepsi kompetensi personal guru. Sedangkan sisanya 100% - 69,2% = 30,8% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. (5) Dari hasil uji hipotesis antara pengaruh Persepsi Kompetensi Sosial Guru terhadap kecerdasan interpersonal siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati terdapat pengaruh. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai rx2y sebesar 0,833 yang lebih besar dari rtabel pada taraf kesalahan 1% = 0,368 maupun pada taraf kesalahan 5% = 0,284, sehingga ini benar-benar ada pengaruh. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 69,3%. Hal ini berarti besarnya kecerdasan interpersonal siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati ditentukan oleh kuatnya persepsi kompetensi sosial guru. Sedangkan sisanya 100% - 69,3% = 30,7% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. (6) Dari hasil uji hipotesis antara pengaruh Persepsi Kompetensi Personal dan Kompetensi Sosial Guru tehadap kecerdasan interpersonal siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati terdapat pengaruh. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh nilai Freg sebesar 78,493 yang lebih besar dari Ftabel pada taraf kesalahan 1% = 4,98 maupun pada taraf kesalahan 5% = 3,15, sehingga ini benar-benar ada pengaruh. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 77,7%. Hal ini berarti besarnya kecerdasan interpersonal siswa di MTs. Roudlotul Ma’arif Juwana Pati ditentukan oleh kuatnya persepsi kompetensi personal dan kompetensi sosial guru. Sedangkan sisanya 100% - 77,7% = 22,3% adalah pengaruh variabel lain yang belum diteliti oleh peneliti. Kata Kunci :Persepsi Kompetensi Personal Guru, Persepsi Kompetensi Sosial Guru, Kecerdasan Interpersonal Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Kompetensi Personal Guru; Persepsi Kompetensi Sosial Guru; Kecerdasan Interpersonal Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2016 02:53
Last Modified: 09 Dec 2016 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item