IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RAMAH ANAK BERBASIS CHILD RIGHTS CONVENTION PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs MANBA’UL ULUM GONDOSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sa’diyah, Halimatus (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RAMAH ANAK BERBASIS CHILD RIGHTS CONVENTION PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTs MANBA’UL ULUM GONDOSARI GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (449kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (471kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (282kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

Implementasi model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, STAIN Kudus. 2016. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. (2) Untuk mengetahui hambatan-hambatan dan solusi dalam mengatasi hambatan-hambatan Implementasi model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016. (3) Untuk mengetahui bentuk akhlak/perilaku belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi analisis. Dalam penyusunannya, skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yakni kegiatan penelitian yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian yang ditemukan dalam keadaan sebenarnya dengan tidak menggunakan prosedur statistik atau hitungan. Selanjutnya untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi pasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Berdasarkan hasil penelitian adalah efektif. Hal ini dapat dibuktikan setelah guru menggunakan model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) siswa mampu berpikir kritis itu dapat dilihat dari, siswa pandai menawarkan solusi-solusi kreatif mereka untuk menyelesaiakan masalah yang ada terkait fenomena yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Siswa berani mengemukakan pendapat, ide, maupun bertanya ketika proses pembelajaran berlangsung tanpa takut disalahkan. Siswa merasa pendapatnya dihargai dan berperan aktif ketika proses pembelajaran. (2) Dalam menyampaikan mata pelajaran akidah akhlak terdapat beberapa hambatan, yakni faktor media, faktor teknis dan faktor materi pelajaran. Sedangkan upaya guru untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cara mengalihkan ke media yang lain. (3) Perilaku belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) pada mapel aqidah akhlak di MTs Manba’ul Ulum Gondosari Gebog Kudus adalah segi kognitif yaitu meningkatnya pemahaman siswa terhadap materi, segi afektif/sikap ditunjukkan dengan minat dan semangat belajar siswa meningkat dan lebih aktif dalam mengemukakan pendapatnya sehingga mempengaruhi nilai siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya, segi praktik/ketrampilan yaitu siswa mampu mempraktikkan materi yang disampaikan oleh guru dan dapat terampil dalam menawarkan solusi kreatif dan mengembangkan pemikiran mereka terhadap permasalahan terkait fenomena yang ada pada kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC) , Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran ramah anak berbasis Child Rights Convention (CRC); Mata Pelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Dec 2016 03:14
Last Modified: 09 Dec 2016 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item