PENERAPAN METODE LATIHAN BERULANG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI NU ROUDLOTUL WILDAN NGEMBALREJO BAE KUDUS

SHOLIH, MUHAMMAD ZAKKI MUNABBIH (2018) PENERAPAN METODE LATIHAN BERULANG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV MI NU ROUDLOTUL WILDAN NGEMBALREJO BAE KUDUS. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (315kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (240kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)

Abstract

Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode latihan berulang pada pembelajaran bahasa indonesia pada siswa kelas IV di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitiannya adalah Field Research dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel informan penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Jumlah informan penelitian ini terdiri dari 4 informan, yaitu : 1) Kepala Madrasah 2) Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia 3) Siswa Kelas IV 4) Siswi Kelas IV. Data sekunder diperoleh dari Madrasah berupa data-data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan Penerapan Metode Latihan Berulang Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus sudah baik, apalagi diterapkan di Kegiatan Belajar Mengajar terutama di Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. 2) Kendala Dalam Pelaksanaan Penerapan Metode Latihan Berulang Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus, guru diharapkan mempunyai kemampuan dan keterampilan dalam memilih serta menggunakan pendekatan pembelajaran secara tepat. 3) Solusi Dalam Mengatasi Kendala Pelaksanaan Penerapan Metode Latihan Berulang Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV Di MI NU Roudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus adalah sebagai contoh setelah pulang sekolah jangan lupa untuk mengulangi bahan pelajaran di rumah, apa yang guru jelaskan tidak mesti semuanya terkesan dengan baik, tentu masih ada kesan-kesan yang samar-samar dalam ingatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Latihan Berulang; Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 May 2019 01:51
Last Modified: 08 May 2019 01:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2521

Actions (login required)

View Item View Item