IMPLEMENTASI TEKNIK SUPERVISI SELF EVALUATION PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA MIFTAHUT THULLAB CENGKALSEWU SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MUNAWAROH, ZAIM MATUL (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK SUPERVISI SELF EVALUATION PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA MIFTAHUT THULLAB CENGKALSEWU SUKOLILO PATI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (961kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (865kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (937kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (938kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (902kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (866kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (859kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Keadaan guru yang masih kurang memenuhi kompetensi sebagai guru di MA Miftahut Thullab maka dari pihak supervisor membuat strategi-strategi dalam meningkatkannya. Kompetensi guru PAI MA Miftahut Thullab antara lain banyaknya guru yang kurang disiplin, kurang berwibawa, guru yang sudah berumur dan guru yang memiliki jabatan yang lebih tinggi di yayasan tersebut. Selain itu juga terdapat perbedaan kemampuan dasar guru, ini dapat terjadi karena perbedaan latar belakang perbedaan pendidikan dan perbedaan pengalaman kerja. Untuk menangani masalah tersebut maka kepala madrasah selaku supervisor mengadakan supervisi pada guru PAI dengan teknik self evaluation supaya dapat meningkatkan kompetensi-kompetensi yang dimiliki guru dan bisa berdampak lebih baik kepada hasil belajar peserta didik dan mutu madrasah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala madrasah, semua guru rumpun pendidikan agama islam dan peserta didik kelas XIdan XII, dan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik supervisi self evaluation pada guru rumpun PAI di MA Miftahut Thullab Cengkalsewu Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu: Pertama, perencanaan yang digunakan dalam supervisi dengan mengunakan teknik self evaluation adalah rapat awal tahun guru dan staf. Kedua, media yang digunakan dalam supervisi dengan teknik self evaluation adalah Check-list yang dibuat oleh kepala madrasah. Ketiga, implementasi teknik self evaluation adalah guru memberikan angket atau check-list, angket atau check list dibagikan kepada guru yang disupervisi untuk dikerjakan, selanjutnya angket dikembalikan lagi kepada kepala madrasah untuk di evaluasi. keempat, faktor pendukung dalam implementasi teknik supervisi self evaluation pada guru PAI adalah pelaksanaan supervisi tidak mempengaruhi KBM dan tidak melibatkan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat dalam teknik supervisi self evaluation pada guru PAI adalah kegiatan supervisi dengan teknik ini sangat rawan dengan ketidak jujuran. Selain itu waktu ketika disupervisi tidak terbatas sehingga guru yang disupervisi cenderung menunda-nunda mengisi angket atau checklist. Kelima, evaluasi yang digunakan dalam supervisi dengan mengunakan teknik self evaluation adalah dengan mencocokan hasil angket yang di isi guru dengan hasil belajar siswa, RPP dan silabus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik; Supervisi Self Evaluation; Guru Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 May 2019 03:23
Last Modified: 22 May 2019 03:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2607

Actions (login required)

View Item View Item