KREATIFITAS SENI BATIK DAN MANAJEMEN MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN UMKM BATIK TULIS LASEM “NINGRAT” REMBANG

LESTARI, LILIK PUJI (2017) KREATIFITAS SENI BATIK DAN MANAJEMEN MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN UMKM BATIK TULIS LASEM “NINGRAT” REMBANG. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
cover-daftar pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kreatifitas seni batik dan manajemen marketing merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesejahteraan pemilik dan karyawan usaha batik. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kreatifitas seni batik dan peran manajemen marketing dalam upaya peningkatan kesejahteraan UMKM Batik Tulis Lasem “Ningrat” Rembang. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), merupakan penelitian dengan karakteristik masalah yang berkaitan dengan kondisi saat ini subyek yang diteliti dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Kreatifitas seni batik yang dikembangkan oleh Batik Tulis Lasem “Ningrat” terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan UMKM batik. Kreatifitas tersebut berupa pengembangan motif batik baru yang merupakan pengembangan dari motif batik yang merupakan ciri khas motif batik Lasem, pengembangan tersebut berupa menciptakan motif batik yang baru dan berbeda dari sebelumnya, memproduksi batik motif baru yang tiada tandingannya, memproduksi jenis dan macam produk yang berbahan dasar batik, menciptakan motif baru sebagai ungkapan kebebasan dan kemandirian dalam berkarya. Manajemen pemasaran yang telah dilaksanakan oleh Batik Tulis Lasem “Ningrat” terbukti mampu meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan UMKM batik. Langkah-langkah manajemen pemasaran yang telah dilakukan adalah merencanakan kegiatan pemasaran yang meliputi tujuan, strategi dan kebijaksanaan dalam memasarkan batik, mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai target penjualan batik. Memberikan perintah kepada karyawan, memotifasi serta memimpin karyawan. Menyatukan segala kegiatan pemasaran agar tercapai tujuan pemasaran batik. Memeriksa kinerja karyawan dalam memproduksi batik yang sedang berlangsung. Langkah tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan pemilik dan karyawan yang bisa dilihat melalui peningkatan pendapatan keluarga, konsumsi atau pengeluaran keluarga, peningkatan keadaan tempat tinggal, fasilitas tempat tinggal kesehatan anggota keluarga, kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan, kemudahan memasukkan anak ke jenjang pendidikan serta kemudahan mendapatkan fasilitas transportasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas Seni; Manajemen Marketing; Kesejahteraan
Subjects: Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Syariah > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2019 03:35
Last Modified: 27 May 2019 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/2639

Actions (login required)

View Item View Item